Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sahani Saleh mengapresiasi karya film lokal berjudul Ngendere, karena mampu mendukung pengembangan kepariwisataan daerah itu.

"Film Ngendere ini patut kami apresiasi sebagai sebuah karya film lokal yang sudah cukup baik," katanya di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, pengambilan gambar dan akting para pemeran dalam film tersebut, sudah sangat bagus. "Kalau dilihat dari akting para aktor/aktris di film ini cukup baik meskipun masih pemula atau junior. Potensi itu ada dan bisa dikembangkan terus," katanya.

Ia menilai pemutaran perdana film lokal tersebut sebagai langkah awal kebangkitan kembali dunia perfilman di daerah itu.

"Ini sebagai momentum untuk kebangkitan dunia film di Belitung, karena selama ini belum ada ruang dan kesempatan. Sekarang saya rasa sudah ada," ujarnya.

Ia menambahkan para sineas muda di Belitung memiliki potensi dalam menghasilkan karya film yang berkualitas, tidak kalah jika dibandingkan dengan para sineas dari daerah lain.

Sehingga, lanjut bupati, pemerintah daerah siap memfasilitasi pengembangan potensi sineas muda Belitung tersebut. "Ke depannya harus ada kolaborasi para sineas ini untuk menghasilkan karya yang lebih bagus dan kreatif," katanya.

Ia berharap para sineas muda di daerah itu dapat terus berkarya guna memperkenalkan potensi Belitung melalui karya film.

Dikatakan Bupati, banyak potensi Belitung yang bisa diangkat ke dalam film, salah satunya aspek kebudayaan seperti tradisi perkawinan adat Belitung.

"Saya harapkan melalui kegiatan ini akan muncul Andrea Hirata baru di Belitung," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023