Pangkalpinang (Antara Babel) - Sebanyak 75 mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB) menerima beasiswa dari dana CSR sebesar Rp1,5 miliar yang dikucurkan oleh Lippo Group untuk bantuan mahasiswa berprestasi namun kurang mampu secara finansial.

"Dana CSR yang kami berikan itu diberi nama Bantuan Mahasiswa Berprestasi (BMB). Khusus untuk mahasiswa UBB akan kami serahkan langsung besok Jumat (5/2) di Gedung Rektorat UBB," kata Kepala Humas Lippo Group Danang Kemayan Jati di Kampus Terpadu UBB, Balunijuk, Kamis.

Ia mengatakan dana BMB itu akan diserahkan langsung oleh Direktur Lippo Group Deborah Rosanti kepada Rektor UBB Bustami Rahman.

"Bantuan dana pendidikan itu merupakan wujud komitmen Lippo Group untuk pengembangan sumber daya manusia di Indonesia, terutama bagi para mahasiswa  yang berprestasi namun mempunyai kendala finansial," ujarnya.

Mengenai BMB Lippo Group sebesar Rp1,5 miliar, Danang menyebutkan hal itu telah diserahkan secara simbolis kepada 10 perguruan tinggi beberapa waktu lalu.

BMB itu diserahkan langsung Chairman Lippo Group Mochtar Riady kepada Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Muhammad Nasir yang didampingi Presiden Lippo Group Theo Sambuaga.

Sepuluh PTN penerima BMB Lippo Group 2015 tersebut adalah Universitas Teuku Umar Meulaboh Aceh, Universitas Negeri Medan, Universitas Bangka Belitung (UBB), Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali, Universitas Mataram NTB, Politeknik Negeri Pontianak, Universitas Gorontalo, Politeknik Negeri Ambon, Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan Politeknik Negeri Semarang.

Sementara Kepala UPT Kerjasama, Humas dan Penerbitan UBB Eddy Jajang J Atmaja mengatakan 75 mahasiswa UBB penerima BMB itu masing-masing 22 mahasiswa fakultas teknik, 19 mahasiswa fakultas pertanian, perikanan dan biologi, 19 mahasiswa fakultas ekonomi, delapan mahasiswa fakultas hukum dan tujuh mahasiswa fakultas ilmu sosial dan ilmu politik.

"Mahasiswa penerima BMB Lippo Group itu diseleksi oleh program studi di fakultas masing-masing. Setiap mahasiswa menerima BMB sebesar Rp2 juta," ujarnya.

Ia mengatakan, pemberian beasiswa oleh Lippo Group tersebut telah meningkatkan persentase mahasiswa UBB yang mendapat bantuan dana pedidikan.

Di luar BMB Lippo Group, hingga kini tercatat 1.387 mahasiswa UBB sebagai penerima beasiswa.

"Yang terbanyak penerima beasiswa yakni Bidikmisi sebanyak 1.058 orang, 200 penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), 75 penerima beasiswa Provinsi Kepulauan Babel, 40 penerima beasiswa Bank Indonesia, 10 penerima beasiswa Supersemar dan empat penerima beasiswa Djarum," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016