Gerakan Anti Narkoba Timah (GERANAT) PT Timah Tbk  bekerja sama dengan BNN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar tes urine terhadap karyawan, Rabu (18/1/2023). Kegiatan yang dilaksanakan di salah satu kantor di lingkungan PT Timahi ini dihadiri Kepala BNNP Babel MZ Muttaqien, Kepala BNN Kota Pangkalpinang Noer Wisnanto, dan Ketua GERANAT Fery Gunawan.

Dari pemeriksaan ini tidak ditemukan indikasi pemakaian zat-zat adiktif terlarang dari semua sampel yang diperiksa.

Tes urine merupakan langkah konkrit yang dilakukan GERANAT untuk memitigasi dan mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungan PT Timah Tbk. 

"Kegiatan yang bekerja sama dengan BNNP ini merupakan salah satu program GERANAT untuk mencegah penyalahgunaan narkoba sekaligus menyosialisasikan budaya kerja karyawan yang ber-AKHLAK di lingkungan PT Timah Tbk.  Selain tes urine, GERANAT juga akan melakukan edukasi dan sosialisasi kepada rekan-rekan karyawan," kata Fery Gunawan.  

Fery menambahkan, nantinya, tes urine  tidak hanya dilakukan di lingkungan kantor pusat, melainkan juga ke wilayah-wilayah operasional PT Timah Tbk lainnya.

"Rencana ke depan kegiatan serupa akan dilakukan juga ke site-site lainnya, dan akan terus dilakukan secara berkelanjutan," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala BNNP Pangkalpinang Noer Wisnanto mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan berbagai instansi dan Pemerintah untuk melakukan tes urine sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. 

"Kami menyambut baik adanya tes urine ini, karena ini merupakan upaya mitigasi, edukasi, dan sosialisasi penyalahgunaan narkoba. Hasilnya nanti akan kita serahkan ke Manajemen," ucapnya. 

Ia menyebutkan, berdasarkan Inpres No 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika, instansi Pemerintahan baik Pemerintah maupun BUMN untuk  melakukan tes urine. 

"Minimal satu tahun sekali dilakukan pemeriksaan tes urine, juga dilakukan sosialisasi tentang pencegahan penyalahgunaan narkoba seperti lewat brosur dan media sosial," katanya. 

Ditambahkan Kepala Bagian Umum BNNP Babel Birin Bendrayuli mengatakan, dengan tes urine ini juga menjadi sarana edukasi kepada masyarakat untuk mencegah penyalahgunaan narkoba. 

"Kita mengapresiasi langkah GERANAT ini untuk melakukan tes urine sebagai upaya mitigasi penyalahgunaan narkoba di lingkungan PT Timah Tbk. Kita juga mengedukasi bahwa pekerja bisa bekerja produktif tanpa menggunakan narkoba," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023