Muntok (Antara Babel) - Sejumlah personel Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, masih disiagakan di lokai banjir untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan yang tidak diinginkan.

"Kami siagakan personel di beberapa titik, terutama yang masih terdampak banjir untuk membantu warga dan arus lalu lintas di sekitar lokasi," kata Kepala Polres Bangka Barat melalui Kepala Bagian Operasi Kompol Candra Kurnia di Muntok, Rabu.

Ia mengatakan, kegiatan pengamanan terus dilakukan karena ada kemungkinan hujan lebat masih terjadi di daerah itu.

"Potensi hujan masih cukup tinggi, kami akan selalu siaga dan memantau titik-titik rawan banjir, seperti di Kecamatan Jebus, Parittiga, Kelapa dan Muntok," kata dia.

Ia menerangkan, personil Polsek Kelapa di kerahkan di beberapa lokasi yang masih terdampak banjir di wilayah Kecamatan Kelapa, seperti jalan raya Desa Terentang, Desa Dendang tepatnya di dekat jembatan PT BPL Bukitperak, jembatan ujung Desa Tebing dan Desa Tugang.

"Untuk Desa Tugang terdapat beberap lokasi, seperti di sekitar jembatan Dusun Sungkai dan jalan raya Dusun Pisang hingga Jembatan Buton,"
    
Selain itu, kata dia, masih ada satu lokasi di Kecamatan Kelapa yang mendapat prioritas pengamanan yaitu di sekitar Pos Polantas karena di lokasi itu banjir cukup serius bahkan mengakibatkan beberpaa kepala keluarga diungsikan.

Ia menambahkan, di Kecamatan Parittiga dan Jebus terdapat tujuh titik rawan banjir, yaitu di jalan raya Desa Jebus tepatnya di sekitar jembatan dekat masjid Jebus, Jalan Parit4 Desa Puput, Kecamatan Parittiga, Jalan Airkuang tepatnya di sekitar SPBU Airkuang, Jalan Puputatas, Desa Puput, Jalan Kimjung atau depan SPBU Kimjung, Desa Puput, Jalan raya Bakit wilayah Dusun Jompong, Desa Kapit, Kecamatan Parittiga dan Dusun Petar, Desa Tumbakpetar, Kecamatan Jebus.

Untuk Kecamatan Muntok, kata dia, personel juga disiapkan, bahkan mereka ikut membantu proses evakuasi dan membersihkan lingkungan serta jalan dari lumpur agar tidak mengganggu pengguna jalan.

Ia mengimbau kepada warga di lokasi banjir untuk selalu waspada dan siaga karena cuaca saat ini masih belum bersahabat, sekaligus mampu menciptakan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing agar tetap kondusif.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016