Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat, mengungkapkan penanganan musibah banjir yang terjadi di daerahnya harus dilakukan secara terpadu.

"Musibah banjir yang menimpa masyarakat di sejumlah tempat mengakibatkan banyak kerugian harus ditangani terpadu oleh seluruh pihak," katanya di Sungailiat, Rabu.

Menurutnya, musibah banjir yang diakibatkan oleh faktor alam dan mengakibatkan sejumlah warga menjadi korban, menuntut kepedulian bersama untuk membantunya.

"Semua pihak harus peduli sesama untuk meringankan para korban banjir," ujarnya.

Bupati mengatakan, musibah banjir yang mengakibatkan sarana infrastrukur seperti jalan dan jembatan rusak harus pula segera diperbaiki agar akses masyarakat menjadi lancar.

"Infrastrukur harus segera diperbaiki sebagai sarana vital karena jangan sampai kondisi ekonomi masyarakat semakin terhambat," katanya.

Mengenai perbaikan jembatan maupun jalan yang rusak kata bupati, pihaknya sudah menginstruksi dinas pekerjaan umum agar segera membangun kembali meskipun belum permanen.

Sementara Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) cabang Kabupaten Bangka, Ridwan mengatakan pihaknya bersama dengan pengurus organisasi dan anggotanya menyalurkan bantuan sosial bagi korban banjir di sejumlah tempat.

"Kami menyalurkan sejumlah bantuan untuk korban banjir, bantuan yang disalurkan bersumber dari sumbangan pengurus, anggota organisasi dan masyarakat umum," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016