Pangkalpinang (Antara Babel) - Kementerian Sosial menyatakan siap membantu memperbaiki dan membangun rumah korban banjir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sebagai bentuk tanggap darurat pemerintah membantu korban bencana alam di daerah itu.

"Saat ini kita sedang berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk membangun rumah korban banjir yang rusak parah ini," kata Kasubdit Tanggap Darurat Kementerian Sosial, I Kusmadiana di Pangkalpinang, Kamis.

Ia menjelaskan Kemensos bersama BNPB akan berbagi tugas untuk membantu korban banjir di Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan.

"Mudah-mudahan hasil koordinasi bantuan pembangunan rumah dengan BNPB, pemerintah provinsi, kabupaten/kota dan instansi lainnya sudah menghasilkan kesepakatan, sehingga kita segera membantu korban banjir ini," ujarnya.

Berdasarkan pantauan di beberapa titik daerah terkena banjir, kata dia, kerusakan rumah warga sangat parah, bahkan ada rumah-rumah korban banjir yang hancur dihantam banjir.

"Saya melihat sendiri kerusakan rumah korban banjir ini, bahkan ada rumah warga yang terseret dan hanyut ke sungai," ujarnya.

Menurut dia bantuan perbaikan dan pembangunan rumah baru untuk korban banjir harus segera dibantu, agar korban banjir tidak terlalu lama di tenda-tenda pengungsian.

"Korban banjir ini harus dibantu, sehingga mereka tidak lagi terbebani memperbaiki dan membangun rumahnya," ujarnya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016