Pangkalpinang (Antara Babel) - Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Babel) telah menyiagakan sejumlah personel guna membantu memulihkan kondisi para korban bencana banjir yang merendam sejumlah daerah di wilayah hukum Bangka Belitung.

"Pasca banjir ini saya memerintahkan kepada para Kapolres yang wilayahnya terkena banjir supaya segera berkoordinasi dengan Pemda setempat terkait penanganan hingga pemulihan bencana alam banjir," kata Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjend Pol Gatot Subiyaktoro, Kamis.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya juga telah menginstruksikan seluruh Bhabinkamtibmas untuk tetap mengajak warga dengan mengoptimalkan Siskamling agar menjaga rumah warga yang ditinggal penghuninya mengungsi sebagai antisipasi pencurian.

"Saya sudah menginstruksikan seluruh personel Bhabinkamtibmas untuk mengajak masyarakat melaksanakan kegiatan Siskamling guna menjaga rumah-rumah korban banjir yang ditinggal penghuninya," lanjutnya.

Sebelumnya, Kapolda Babel sempat meninjau langsung ke posko pengungsian korban banjir. Ia pun mengecek persediaan logistik yang dibutuhkan pengungsi dan memberikan bantuan logistik.

Kapolda Babel juga telah memantau lokasi banjir yang masih tergenang air kurang lebih setinggi lutut orang dewasa. Selain itu kapolda juga mengecek kesiapan posko-posko yang disiapkan Badan Keamanan Laut (Bakamla) dan Polair.

"Pengecekan posko-posko tersebut untuk memastikan bahwa seluruh posko mampu menyediakan kebutuhan darurat pengungsi, mulai dari kesehatan, asupan makanan sampai dengan pakaian," katanya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016