Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, akan memperjuangkan realisasi program pembangunan Kampung Nelayan Maju (Kalaju) yang akan dilaksanakan di Kampung Tanjung, Kecamatan Mentok,

"Pemkab akan terus memperjuangkan program ini agar bisa direalisasikan di Kampung Tanjung, kita juga telah menyingkronkan rencana yang sudah disiapkan dengan program yang ada di Kementerian," Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Minggu.

Menurut dia, program Kampung Nelayan Maju ini merupakan upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir yang dilakukan secara bersama-sama lintas sektor.

Sebagai langkah awal, Pemkab telah melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam menindaklanjuti rencana yang telah disiapkan.

Program Kampung Nelayan Maju termasuk dalam program Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap (DJPT), program ini akan fokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya nelayan, dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana penataan kampung nelayan, perbaikan fasilitas umum, penyediaan air bersih, pengolahan sampah dan pembenahan saluran air.

Bong Ming Ming menilai program Kampung Nelayan Maju cocok diterapkan di daerah itu sebagai salah satu upaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan.

Pada pertemuan dengan KKP tersebut, Ketua Pokja Kelembagaan dan Perlindungan Nelayan DJPT Lili Widodo mengatakan saat ini pemerintah pusat memiliki beberapa program prioritas, di antaranya program Kampung Nelayan Maju dan asuransi nelayan.

Menurut dia, Kabupaten Bangka Barat masuk dalam kriteria layak untuk dijadikan salah satu daerah penerima program Kampung Nelayan Maju dan akan diupayakan untuk segera direalisasikan.

KKP juga akan melakukan koordinasi lintas kementerian, lembaga negara, dan pemangku kepentingan lain, seperti perusahaan swasta, BUMN dan sebagainya agar bisa berkolaborasi mengembangkan Kampung Nelayan Maju di Bangka Barat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023