Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa membuat mekanisme baru dalam penyaluran Alokasi Dana Desa (ADD) untuk Penghasilan Tetap (Siltap) bagi seluruh desa di daerah setempat.

"Jadi mulai Februari 2023 ini kita segera melakukan sistem baru untuk penyaluran dana desa untuk bagian Siltap," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Reza Pahlevi kepada Wartawan, Rabu (8/02).

Disampaikannya penyaluran dana juga dibagi menjadi empat bagian namun  untuk Siltap itu kita berikan setiap bulan agar perangkat desa tidak lama menunggu.

"Sisanya anngaran yang lain nanti dibayarkan untuk biaya operasional desa dan belanja lain," kata dia.

Menurut Reza pihaknya sudah menyurati seluruh kepala desa agar segera menyampaikan kebutuhan anggaran untuk penghasilan tetap ini sehingga kebutuhan desa untuk premi BPJS dapat dibayar tepat waktu.

"Sekarang sistemnya kita balik kalau kemarin menunggu pihak desa menyampaikan laporan sekarang kita minta segera menyampaikan laporan kebutuhan itu," katanya.

Dirinya berharap pemerintah desa segera mengajukan permohonan pencairan dana siltap ini agar para pegawai desa dapat lebih bersemangat melayani masyarakat. 

"Sekarang kita fokus melayani kebutuhan masyarakat jadi langkah-langkah strategis mulai kita lakukan sehingga pelayanan kepada masyarakat lebih maksimal," kata Reza.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023