Pemerintah Provinsi Kepualuan Bangka Belitung bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) memperkuat gotong royong membumikan nilai-nilai Pancasila ke seluruh aspek kehidupan bermasyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Semangat bergotong royong membumikan Pancasila ini program bagus untuk menjaga keutuhan negara dan masyarakat," kata Pj Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin saat menghadiri dialog gotong royong pembumian Pancasila di Pangkalpinang, Senin. 

Ia mengatakan selama ini Bangka Belitung sendiri tidak ada masalah serius terkait keberagaman, Pancasila, dan aspek-aspek kenegaraan. Hanya saja untuk tiga topik terakhir yakni konteks kekiniannya yang harus kena, semangat secara sistematis melakukan pendidikan dan pelatihan yang harus terus dijaga, serta menggalakkan aspek pancasila dengan memperkuat IPTEK.

"Jangan sampai secara realita sehari-hari kita masih terkendala dengan pembangunan," katanya. 

Menurut dia saat ini yang menjadi kesulitan dalam perekonomian itu yakni akan memudahkan munculnya masalah-masalah sosial. 

"Dengan mempertahankan agar masyarakat Bangka Belitung sejahtera bisa menekan isu-isu yang bertentangan dengan semangat gotong royong dalam membumikan pancasila ini," katanya. 

Kepala BPIP  Yudian Wahyudi mengatakan semangat gotong royong dalam membumikan pancasila harus di lakukan dengan kerja sama dalam semua bidang termasuk lima unsur yakni pemerintah, akademisi  dunia usaha, media dan masyarakat. 

Terkait tahun politik dari BPIP sudah membentuk tim evaluasi undang-undang pemilu.

"Kami bekerja sama dengan berbagai unsur akan melihat undang-undang pemilu, mengusulkan untuk supaya pemilu ini lebih damai berdasarkan pancasila dan konstitusional," katanya.  **2**

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi/Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023