Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengandalkan tiga program unggulan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Tiga program unggulan fokus di bidang pertanian, perikanan dan peternakan," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Selasa.

Bupati menjelaskan, bidang perikanan fokus pada budi daya air tawar dan air payau, peningkatan produksi dan pendapatan nelayan kecil dan peningkatan produksi pertanian.

"Kita terus dorong masyarakat membudidayakan ikan air tawar dan air payau, bahkan kita sudah menyiapkan pagu anggaran unit pembenihan rakyat dengan pagu senilai Rp5,55 miliar," ujarnya.

Kemudian kata dia kegiatan sarana pendukung pertanian sesuai dengan komoditas, teknologi dan spesifik lokasi dengan pagu anggaran sebesar Rp4,06 miliar.

"Untuk program peningkatan produksi dan pendapatan nelayan kecil, kita melakukan kegiatan berupa sarana perikanan tangkap berupa alat tangkap ikan ramah lingkungan, alat bantu penangkapan ikan dan mesin kapal perikanan untuk perahu (kapal kurang dari 5GT dengan pagu anggaran sebesar Rp1,37 miliar," ujarnya.

Algafry juga menyampaikan capaian produksi perikanan budidaya di daerah itu mencapai 2.491,31 ton.

"Dalam bidang perikanan kita melakukan pengadaan benih ikan air tawar, ikan lele, nila, gurame, patin dan ikan hias tawar. Kemudian, ada pengadaan sarana budidaya air payau crab box 10 paket dan tambak udang vaname skala rakyat," jelasnya.

Sementara untuk meningkatkan capaian produksi pertanian dan peternakan, pihaknya melakukan pengadaan benih cabe merah, bawang merah, benih padi, kecambah sawit dan benih lada dalam plastik, serta pengadaan mulsa, likat kuning, fungisida, kapur, kompos, urea dan lainnya.

"Perlu diketahui bahwa capaian produksi perikanan tangkap di Bangka Tengah mencapai 27.684,905 ton serta kita juga melakukan pengadaan jaring, GPS, alat komunikasi di laut, mesin kapal kurang dari 5 Gt untuk menyejahterakan nelayan kecil," ujar Algafry.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023