Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajak masyarakat berperan aktif melakukan pengawasan terhadap proses dan tahapan Pemilu 2024 dengan memanfaatkan aplikasi Jarimu Awasi Pemilu.

"Bawaslu tidak akan mampu melakukan pengawasan sendiri sehingga perlu bantuan dari berbagai pihak dan masyarakat untuk bersama-sama mengawal penyelenggaraan Pemilu 2024 agar tidak terjadi pelanggaran," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Pahlevi di Mentok, Kamis.

Menurut dia, salah satu tugas penting Bawaslu adalah berupaya melibatkan masyarakat secara masif dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024, untuk mencegah potensi pelanggaran pemilu serta pemanfaatan media sosial sebagai media edukasi.

"Edukasi dan sosialisasi ke masyarakat penting dilakukan sebagai upaya melawan berita bohong yang beredar luas di dunia maya. Masyarakat juga dapat memberikan andil dalam pengawasan semua proses tahapan pemilu melalui aplikasi Jarimu Awasi Pemilu," katanya.

Ia menjelaskan aplikasi tersebut bisa diunggah langsung dari gawai masing-masing dan semua laporan pengaduan dapat disampaikan karena dalam aplikasi tersebut pengguna bisa mengirim foto atau video sebagai bukti jika ada dugaan kecurangan pemilu 2024.

Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu, kata dia, merupakan aplikasi komunitas digital pengawasan partisipatif yang dibuat sebagai langkah percepatan pertukaran informasi, edukasi, literasi kepemiluan, serta amanah Peraturan Bawaslu terkait pengawasan partisipatif.

"Di aplikasi ini semua orang dari berbagai unsur dan komunitas bisa bertukar informasi dan diskusi, baik tentang politisasi SARA, disinformasi, kampanye hitam dan ujaran kebencian bisa dimitigasi dan dilakukan penanganan secara cepat, juga menjadi pusat informasi kepemiluan yang terpercaya," ujarnya.

Selain menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan, kata Rio, Bawaslu Bangka Barat juga melakukan penguatan dalam lembaga pengawasan hingga ke tingkat desa dan kelurahan.

Ia mengatakan seluruh jajaran pengawas pemilu telah melakukan berbagai persiapan agar semakin siap melakukan pengawasan penyelenggaraan Pemilu 2024 sekaligus mewujudkan pemilu yang langsung, umum bebas, rahasia, jujur dan adil.

Rio menegaskan pihaknya berkomitmen mendukung pemilu yang aman tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, ujaran kebencian, politisasi SARA, dan politik uang.

"Sudah menjadi komitmen Bawaslu Kabupaten Bangka Barat untuk menjaga maruah demokrasi, untuk mengawasi seluruh tahapan pemilu ke depan," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023