Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid memberikan apresiasi dan penghargaan kepada seluruh ASN dan pegawai di Lingkungan Pemkab Basel atas kinerja dan dedikasinya sehingga saat ini Bangka Selatan menuju ke arah yang jauh lebih baik dan pembangunan berjalan pada kondisi yang sebenarnya dan cukup diperhitungkan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Selama dua tahun terakhir, kita berhasil menunjukkan kinerja pembangunan yang membanggakan diantaranya pemulihan ekonomi yang sangat cepat dengan tetap bisa mengendalikan angka indeks Gini yang menunjukkan bahwa pembangunan Basel cukup inklusif, Pertumbuhan ekonomi yang tumbuh signifikan diangka 5,5 % sejak terjadi krisis pandemi Covid-19," Katanya di Toboali, Rabu.

"Penurunan angka kemiskinan yang menempatkan Basel sebagai Kabupaten di Babel dengan angka kemiskinan terendah, bahkan angka ini terbaik penurunannya sejak 20 tahun berdirinya Kabupaten Basel, yaitu diangka 3,22%. Angka ini jauh dibawah angka kemiskinan Provinsi Babel yang diangka 4,67," katanya.

Apalagi dibandingkan dengan angka kemiskinan di kabupaten/kota lainnya, kata dia, penurunan angka Tingkat Pengangguran Terbuka yang cukup terkendali, Pertumbuhan nilai IPM yang sangat signifikan hampir mencapai 1 point dibandingkan tahun sebelumnya tahun 2021.

Selanjutnya, ia menjelaskan bahwa saat bersamaan juga Basel berhasil masuk pada kategori kabupaten/kota dengan Indeks Inovasi Daerah yang Inovatif di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Begitu juga dengan nilai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tertinggi di Kepulauan Bangka Belitung.

Basel juga dengan cepat berhasil menghadirkan perubahan wajah kota yang sangat mengesankan setelah 20 tahun masyarakat Basel menunggu suasana kota yang nyaman.

"Suasana Kawasan Himpang Lime yang secara nyata memberikan dampak terhadap ekonomi lokal dengan meningkatnya nilai tambah pelaku UKM-IKM serta pelaku ekonomi kreatif lainnya," katanya.

Ia mengatakan, pembangunan landscape perkotaan ini akan segera dilanjutkan dengan menghadirkan ruang publik lainnya yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari design pembangunan ruang perkotaan secara utuh, diantaranya pembangunan Taman Publik Lapangan Merdeka, Pendestrian sepanjang ruas jalan sudirman, pendestrian simpang lima menuju kawasan Lapangan Merdeka, Pembangunan Landscape Benteng Toboali, Pembangunan Tugu Nanas, Gerbang Kota dan Gerbang Kabupaten.

Dijelaskannya, pada Tahun 2023 ini juga akan hadir Pasar Toboali yang modern dan refresentatif, Pembangunan Gedung LAPAS, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Basel. Kemudian dampak dari koordinasi/komunikasi yang baik juga dengan Kementerian Teknis, Basel menjadi prioritas penanganan jalan nasional di Babel pada tahun 2023.

Tahun 2023 ini, Bangka Selatan segera memaksimalkan formasi kuota PPPK guru dan tenaga kesehatan serta beberapa tenaga teknis, kemudian untuk dukungan terhadap jasa pegawai honorer, pada tahun anggaran 2023 ini telah menaikkan pendapatan dari 1,5 juta menjadi 2 juta. Secara perlahan juga telah dan akan menjamin pelayanan BPJS Ketenagakerjaan terhadap pekerja rentan yang ada di Basel. Kemudian juga pada perubahan Anggaran 2023 ini akan menaikkan Alokasi Anggaran Dana Desa (ADD) menjadi 11% untuk mempercepat pembangunan di pedesaan.

Mulai akhir tahun 2022 dan tahun 2023, Basel telah berhasil memenuhi keterpenuhan UHC diatas angka 96% dan ini menjadikan Basel sebagai salah satu Kabupaten di Babel dan Indonesia yang berhasil memenuhi pelayanan dasar kesehatan masyarakat secara semesta.

Pewarta: Juniardi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023