Ratusan siswa-siswa SMKN 3 Kota Pangkalpinang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antusias mengikuti Pelindo Mengajar 2023. Program ini sebagai langkah PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pangkalbalam dalam mengenalkan industri kepelabuhan, logistik dan peran Kementerian BUMN dalam menjaga mata rantai perekonomian di sebuah daerah.
 
"Kami berharap program ini dapat menciptakan siswa berkapabilitas, bekerja dengan sungguh-sungguh dan tidak pernah berhenti belajar untuk mewujudkan generasi unggul di masa depan nanti," kata General Manajer PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 2 Pangkalbalam, Nofal Hayin di SMKN 3 Pangkalpinang.
 
 


Ia mengatakan program Pelindo Mengajar di Kota Pangkalpinang digelar di SMKN 3 Pangkalpinang yang diikuti  159 siswa-siswi merupakan bagian dari aksi nyata BUMN dalam mendukung program prioritas TJSL (Tanggung jawab social dan lingkungan) dalam bidang pendidikan dan pencapaian Target Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang merata di seluruh Indonesia.
 
"Hari ini kegiatan program Pelindo Mengajar ini digelar di 125 SMA/SMK di Indonesia secara serentak sejak tanggal 20 – 24 Februari 2023" ujarnya.
 
"Kami mencoba mengenalkan kepada para siswa-siswi ini, seperti apa rantai logistik, mulai pengiriman melalui kapal, alat bongkar barang, gudang penerima atau perusahaan tertentu hingga ke masyarakat," katanya.
 
 


Ia berharap para siswa-siswi ini semakin mengenal pelabuhan itu seperti apa dan mereka tertarik berkiprah langsung di pelabuhan. "Selama ini, mungkin masyarakat hanya mendengar bahwa pelabuhan itu identik dengan dunia yang keras, buruh, bongkar muat dan lainnya, tetapi sekarang karena sudah dilakukan penataan dan telah dilakukan standarisasi pelayanan di seluruh pelabuhan yang dikelola oleh PT Pelabuhan Indonesia (persero) setelah dilakukan merger pada 1 oktober 2021" katanya.
 
Wakil Ketua Sarpras SMKN 3 Pangkalpinang Okni Astuti mengapresiasi Program Pelindo Mengajar ini, karena memotivasi siswa untuk selalu belajar. "Program ini sangat bagus, karena selama ini siswa kurang mengetahui tentang Pelindo, pelabuhan dan hal – hal lainnya yang menyangkut kepelabuhanan, sehingga dengan adanya program ini siswa-siswa dapat memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang kepelabuhanan," katanya.
 


Menurut dia para siswa ini lebih termotivasi untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi untuk bergabung dengan PT Pelindo (Persero) yang merupakan perusahaan BUMN di Indonesia. "Kami berharap para siswa untuk melanjutkan pendidikan yang tinggi dan bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN di Indonesia," katanya.
 
Melalui program ini juga selain mengajar, Pelindo Regional 2 Pangkalbalam juga memberikan bantuan pendidikan berupa Laptop untuk SMKN 3 Pangkalpinang dan Handphone untuk Pelajar yang mendapat predikat Juara Umum serta Goodie Bag untuk peserta. Adapun total bantuan peralatan teknologi mendukung belajar yang diserahkan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) adalah sebesar Rp 5,4 Miliar ke 125 sekolah untuk mewujudkan generasi unggul.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023