Komite Olahraga Nasional Indonesia Kabupaten Bangka Barat segera menggelar pemusatan latihan bagi para atlet daerah sebagai persiapan menjelang pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Agustus 2023.

"Pemusatan latihan dengan mengusung tema Pusat Pelatihan Atlet Kabupaten Membangun Bangka Barat Juara (Puslatkab Membara) ini kami harapkan bisa mendongkrak prestasi atlet yang akan berlaga pada Porprov Babel VI," kata Wakil Ketua II Bidang Prestasi KONI Kabupaten Bangka Barat Bambang Setiabudi di Mentok, Rabu.

Program Puslatkab Membara akan dimulai awal Maret 2023 dengan tujuan agar kontingen Kabupaten Bangka Barat bisa meraih prestasi terbaik dan layak menjadi juara di ajang Porprov VI 2023.

Pada Puslatkab Membara ini para atlet akan menjalani proses pematangan dan pola yang dilakukan berbeda dengan pemusatan latihan yang digelar sebelumnya.

Jika pada Puslatkab awal masih tahap penjajakan baik dari sisi atlet, cabang olahraga dan pelatih, maka pada Puslatkab Membara, hal yang telah dimulai di tahap itu akan lebih dimatangkan.

Dari 20 cabang olahraga yang ditandingkan pada Porprov Babel, KONI Bangka Barat telah merekomendasikan 11 cabang olahraga unggulan yang diharapkan mampu mendulang medali sesuai target.

"Cabang olahraga unggulan ini sudah ditetapkan setelah kami melakukan berbagai analisa dan pertimbangan lain," katanya.

Mekanisme pembinaan terhadap para atlet di setiap cabang olahraga unggulan yang akan dilakukan yakni lima bulan pemusatan latihan berjalan dan satu bulan pemusatan latihan terpusat.

Sedangkan untuk cabang olahraga nonunggulan tetap diperhatikan dan tetap dibebankan untuk mendulang medali.

"Di sela pemusatan latihan sesuai dengan program cabang olahraga masing-masing nantinya akan dilakukan evaluasi sesuai perkembangan, dan untuk cabang olahraga nonunggulan tetap kita perhatikan dan dibebani mampu meraih medali," ujarnya.

Menurut dia Bangka Barat selaku tuan rumah masih memiliki sisa waktu sekitar 25 minggu sampai hari pertandingan Porprov dan secara umum dinilai persiapan para atlet yang dilakukan masing-masing cabang olahraga mencapai 60 hingga 70 persen.

"Masih ada sisa 40 sampai 30 persen itu akan kita matangkan di 22 minggu ke depan," kata Bambang.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023