Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) minta Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) daerah itu memperkuat sinergi guna bersama membangun daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Bangka Mulkan melalui Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Boy Yandra di Sungailiat, Jumat, saat Musyarawah Daerah (Musda) XVI tahun 2023.

"Saya minta pengurus KNPI yang terpilih mempunyai komitmen yang sama memajukan organisasi ke arah yang lebih baik serta bersama membangun daerah mewujudkan Program Bangka Setara," katanya.

Menurutnya, KNPI lahir diilhami rasa kepekaan dan kepeloporan generasi muda dengan menggalang persatuan dan kesatuan, mengkonsolidasi keanekaragaman potensi, membentuk sinkronisasi dan sinergi partisipasi, dalam rangka menyukseskan pembangunan nasional.

Dalam konteks pembangunan daerah, dia menyarankan peranan pemuda yang tergabung dalam wadah KNPI haruslah dioptimalkan dalam rangka menyongsong kemajuan Kabupaten Bangka pada masa mendatang.

"Kalau dilihat dari sejarah perjalanan bangsa Indonesia, tidak dapat dipungkiri lagi jika kepeloporan pemuda mempunyai peran dan posisi yang sangat strategis," ujarnya.

Menurutnya, berbagai momen penting bagi bangsa Indonesia baik pada masa sebelum maupun sesudah kemerdekaan, lahir dari ide semangat dan kepemimpinan para pemuda, bahkan pada masa orde baru pemuda tampil mempelopori perubahan menjadi era reformasi tahun 1998.

"Di negara mana saja, kemerdekaan tak luput dari peran pemuda, karena pemuda lah yang paling semangat dan berambisi memperjuangkan perubahan menuju yang lebih baik," jelas dia.

Diakuinnya pemuda di daerah tersebut memiliki sumbangsih besar yang tidak kalah konstruktif dalam menjalankan roda pembangunan di Kabupaten Bangka.

Dia mengatakan problematika kepemudaan adalah problem sistemik yang mengintegrasikan semua aspek sosial seperti persoalan pengangguran.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023