Stargazer, MPV tangguh keluaran Hyundai ini memberi kelebihan teknologi yang berbeda dengan Low MPV lain dikelasnya. Kehadiran teknologi yang sangat canggih memang jadi pembeda untuk bersaing di segmen MPV sekelasnya.

Di 2022 lalu Hyundai Stargazer menjadi pemain baru dikelas MPV yang sangat diterima oleh masyarakat karena memiliki kelebihan dari sisi teknologi, salah satunya Bluelink dan SmartSense. 

Bluelink pada Stargazer membuat mobil ini seperti antimaling karena ada fitur keamanan khusus yang dinamakan stolen vehicle notification dan stolen vehicle tracking. Kedua fitur itu bekerja saat upaya pencurian kendaraan sedang terjadi dengan cara mengirimkan notifikasi ke smartphone pelanggan dan memungkinkan pengguna Hyundai Bluelink untuk mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka.

Fitur-fitur itu juga didukung oleh stolen vehicle immobilization, yaitu layanan yang tersedia di Hyundai Bluelink sehingga pengguna dapat menghubungi pusat bantuan dan meminta mobil yang dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu.

"Selain Bluelink, SmartSense yang ada di Hyundai Stargazer juga memberi sistem keamanan aktif yang berguna mencegah terjadinya kecelakaan," kata Dony salah satu pengguna Hyundai Stargazer dalam test drive Hyundai Stargazer, Minggu.

Baca juga: Penuhi kebutuhan mobilitas anda dengan MPV tangguh Hyundai Stargazer

Hyundai SmartSense di Stargazer terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Hyundai SmartSense ini bekerja dengan  sensor atau radar untuk membaca sejumlah variabel seperti kecepatan mobil dan keberadaan sebuah obyek di depan mobil. Sensor ini diletakkan di kaca depan bagian atas dan di area spion tengah Hyundai Stargazer.

Sensor ini akan menembakkan sinyal radio kedepan dan ketika mengenai sebuah obyek maka sinyal tersebut akan terpantul kembali.

Hal ini yang membuat sensor di Hyundai Stargazer bisa membaca markah jalan atau mengetahui bila ada objek lain di depannya. Seperti fitur LKA yang bertugas membaca markah jalan atau penanda garis jalur dan memperingatkan pengemudi bila keluar jalur.

Ketika LKA diaktifkan pengemudi akan muncul tanda setir dan mobil dengan sepasang garis di kanan-kirinya. Jika LKA aktif serta markah jalan terbaca dengan jelas, maka ketika pengemudi melenceng dari jalur tanpa menggunakan lampu sein maka akan muncul peringatan suara serta timbul getaran dan gaya koreksi di setir.

Contoh lain adalah fitur FCA yang akan memperingatkan pengemudi ketika sistem mendeteksi ada risiko benturan dari depan seperti kendaraan yang tiba-tiba melambat atau berhenti.

Jika risiko benturan meningkat, maka sistem secara otomatis akan membantu dengan melakukan pengereman darurat.

"Stargazer dirancang dengan teknologi keamanan yang sangat tinggi. Kenyamanan maksimal dengan ruang kabin yang sangat luas juga menjadikannya MPV tangguh yang cocok untuk semua kebutuhan kerja maupun keluarga," ujarnya.

Baca juga: Hyundai Bangka ajak awak media rasakan berkendara dengan Creta dan Stargazer

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023