Pemerintah Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar operasi pasar menjelang Ramadhan 1444 Hijriah guna menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok masyarakat.

Kepala Bidang Perdagangan pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Decky Friandy di Sungailiat, Selasa, mengatakan operasi pasar menjelang Ramadhan dipusatkan di Pasar Kota Sungailiat dengan melibatkan sejumlah distributor dan Perum Bulog.

Dalam operasi pasar kali ini, kata dia, untuk komoditas beras berbagai merek disiapkan mencapai 5,5 ton terdiri atas 3,5 ton beras Bulog dan dua ton beras disiapkan oleh pihak distributor.

"Selain beras, pihak Bulog juga menjual minyak goreng Fortune seharga Rp16.000 per liter dan gula pasir Rp13.500 per kilogram," jelas dia.

Beras Bulog dijual Rp45.000 per lima kilogram sedangkan beras merek KTJ dari distributor Rp55.000 per lima kilogram dan beras 118 kualitas super seharga Rp65.000 per lima kilogram.

Komoditas kebutuhan pokok masyarakat lainnya seperti cabai kecil dengan kemasan 2,5 ons seharga Rp15 ribu, cabai besar kemasan tiga ons Rp15 ribu, kentang Rp15 ribu, tomat delapan ons Rp10 ribu, bawang merah Pakistan buah kecil kemasan enam ons Rp15 ribu.

"Semua jenis komoditas yang dijual di operasi pasar lebih rendah dengan kisaran Rp1.000 sampai Rp2.000 per kilogram dibanding harga eceran di pasar tradisional," jelas dia.

Dikatakan, operasi pasar yang dijadwalkan akan dibuka kembali pada hari mendekati lebaran itu sebagai upaya mengendalikan harga kebutuhan pokok dengan harapan masyarakat mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga terjangkau.

"Harga kebutuhan pokok yang lebih murah dibanding harga eceran di pasar tradisional diharapkan membantu pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat menjelang Ramadhan yang harganya biasanya melonjak," jelas dia.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023