Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung kembali menerima penghargaan, kali ini dalam bidang kesehatan yaitu Penghargaan Universal Healt Coverage (UHC) Awards dari Wakil Presiden Republik Indonesia karena berhasil mengcover 194 ribu jiwa dalam mendapatkan layanan kesehatan pada Selasa (14/03) di Jakarta.

"Ini perdana Bangka Selatan dianugerahi penghargaan UHC dari Wakil Presiden Republik indonesia namun yang lebih penting itu yaitu seluruh masyarakat terlayani dalam bidang kesehatan,"kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid kepada Wartawan, Selasa (14/03).

Riza menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan termasuk pihak BPJS Kesehatan cabang Bangka Selatan dalam rangka mencapai Predikat UHC. 

"Kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pihak, termasuk pihak BPJS Kesehatan yang sudah berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk pencapaian ini,"kata dia.

Menurut Politisi Muda PDIP Bangka Selatan ini penghargaan ini tentu membuat kita sangat bersyukur namun ada yang lebih penting adalah masyarakat terlayani.

"Tentu kita sangat bersyukur dengan penghargaan ini, namun yang terpenting adalah bagaimana rakyat terlayani dan merasakan manfaatnya,"kata Riza.

Ia menjelaskan penghargaan ini pertama kali untuk Bangka Selatan dan ini tidak terlepas dari peningkatan cakupan layanan kepesertaan BPJS Kesehatan.

"Kenaikan cakupan layanan BPJS Kesehatan di wilayah Bangka Selatan saat ini telah mencapai 96,4 persen atau setara 194 ribu jiwa. Angka ini meningkat drastis dibandingkan kondisi Oktober tahun 2022 yang hanya sebesar 66,7 persen. Anggaran yang disiapkan tahun 2023 ini pun mencapai lebih dari 30 milyar rupiah,"katanya.

Dirinya mengatakan keberhasilan ini juga sejalan dengan penuntasan Program Berobat Gratis Menggunakan KTP yang juga merupakan janji politik Riza-Debby.

"Seperti disampaikan sebelumnya bahwa Janji Politik Riza-Debby antara lain Berobat Gratis Menggunakan KTP, Bantuan Seragam dan Perlengkapan Sekolah, Bantuan UMKM dan Bantuan Bibit Sawit dan Pupuk,"kata dia.

Pewarta: Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023