Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar operasi pasar (OP) sembilan bahan pokok (sembako) bersubsidi, untuk membantu warga dalam mendapatkan bahan pokok dengan harga lebih terjangkau.

"OP ini kita gelar pada setiap kecamatan, untuk membantu warga dalam mendapatkan sembako murah menjelang Ramadhan," kata Sekretaris Daerah Pemkab Belitung Timur Ikhwan Fahrozi di Manggar, Sabtu.

Pemkab Belitung Timur bekerja sama dengan para distributor dalam menggelar operasi pasar murah bersubsidi tersebut.

"Kita bekerja sama dengan para distributor sembako, juga dengan Perum Bulog untuk mendapat beras Bulog," katanya.

Ikhwan mengatakan ada perubahan kebiasaan masyarakat dalam operasi pasar tahun ini, dimana masyarakat yang sebelumnya senang membeli beras premium mulai beralih ke beras Bulog dengan kualitas medium.

"Kalau kita perhatikan dari beberapa operasi pasar yang kita laksanakan, masyarakat yang dulu kebanyakan membeli beras premium, sekarang banyak ke beras Bulog," ujar Ikhwan.

Ikhwan juga mengatakan operasi pasar bahan kebutuhan pokok tersebut digelar rutin setiap tahun menjelang Ramadhan.

"Biasanya harga bahan pokok cenderung naik menjelang Ramadhan, maka pemerintah berupaya mengintervensi harga melalui operasi pasar," katanya.

Seorang warga Andriani Winata (32), mengakui tertarik mendatangi lokasi OP karena harga lebih murah karena disubsidi pemerintah.

"Selisih harga dengan pasar mencapai Rp2.000 hingga Rp3.000 per item barang, tentu ini lumayan membantu jika kita membelinya dengan jumlah lebih banyak," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023