Nelayan di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendapatkan bantuan sebanyak 26 unit kapal dari Kementerian Sosial (Kemensos).

"Saat ini sedang proses pembuatan yang dilakukan vendor dari Kementerian Sosial, jika sudah selesai langsung diserahkan kepada nelayan," kata Ketua DPRD Kabupaten Bangka Selatan Erwin Asmadi di Toboali, Minggu.

Ia menjelaskan bantuan sebanyak 26 unit kapal nelayan merupakan usulan melalui Anggota DPR Rudianto Tjen yang merupakan wakil rakyat daerah pemilihan Bangka Belitung.

"Usulan tersebut langsung ditujukan ke Kementerian Sosial dan langsung disetujui, tentu ini sangat membantu nelayan untuk meningkatkan hasil tangkapan," katanya.

Erwin mengatakan penyerahan secara simbolis 26 kapal nelayan itu nanti dihadiri Menteri Sosial Tri Rismaharini bersama dengan Rudianto Tjen.

"Sebelum Idul Fitri mudah-mudahan pengerjaan kapal sudah selesai dan selanjutnya akan segera dibagikan langsung kepada nelayan," ujarnya.

Ia berharap bantuan kapal ini dapat membantu para nelayan dalam menjalankan usaha untuk mencukupi kebutuhan hidup bagi keluarga dan terus menjaga dan  merawat kapal dengan baik.

"Manfaatkan bantuan ini sebaik mungkin agar dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan bagi nelayan," ujarnya.

Ia mengatakan, sebanyak 26 unit kapal itu diserahkan kepada nelayan yang benar-benar membutuhkan dan nelayan sebagai penerima kapal sudah terdata.

"Penerima bantuan sudah ada, mereka tinggal menunggu kapal selesai pengerjaan dan langsung bisa beroperasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi/Juniardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023