Manggar (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan berupa alat tangkap ikan kepada para nelayan di daerah itu untuk meningkatkan produksi.

"Rencana kami alat tangkap ikan itu akan kami salurkan kepada sejumlah nelayan pada April mendatang," kata Kepala Bidang Perikanan Tangkap pada Dinas Kelautan dan Perikanan Beltim, M Arif Imam Prayitno di Manggar, Senin.

Ia menjelaskan, alat tangkap ikan itu disalurkan berdasarkan hasil Musrenbang di tingkat kecamatan dan usulan nelayan yang masuk dan sudah diverifikasi.

"Bantuan itu bersumber dari APBD dan APBN. Bantuan dari APBN untuk nelayan di tiga wilayah Sky Maritim, yakni Desa Baru, Mekar Jaya, dan Kurnia Jaya di Kecamatan Manggar," jelasnya.

Ia mengatakan, bantuan dari APBN barang-barangnya sudah disiapkan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan serta diperuntukkan khusus bagi nelayan wilayah Sky Maritim.

"Ini program pemerintah pusat, kami hanya membagikannya. Ada 10 jenis alat tangkap yang akan dibagikan dan kami masih nunggu berita acara serah terimanya," ujarnya.

Arif menambahkan untuk bantuan pemerintah daerah diperuntukkan bagi nelayan yang sudah mengajukan permohonan bantuan lewat proposal ataupun Musrenbang desa dan pengajuan ini merupakan hasil pengajuan dari tahun 2015.

"Semuanya sudah melalui proses verifikasi, tim sudah kami turunkan untuk mengecek ke lapangan. Bantuan-bantuan ini akan kita salurkan awal bulan depan, semuanya sudah sesuai prosedur dan kami juga menerima bantuan mobil nelayan pintar, hanya saja pengoperasiannya di dinas," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016