Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung (Babel) menggelar Kick Off Serambi atau Semarak rupiah Ramadhan dan berkah Idul Fitri 2023 dengan tema "Belanja Bijak", dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri 1444H.

Rangkaian kegiatan Serambi 2023 ini, Bank Indonesia siap melayani penukaran uang pecahan baru untuk masyarakat melalui kas keliling Bank Indonesia yang berkolaborasi dengan perbankan se-Bangka Belitung.

"Serambi 2023 ini salah satu strategi Bank Indonesia untuk menjamin uang rupiah baru yang disiapkan dalam kondisi layak edar, tepat waktu dan ketersediaannya cukup," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Babel, Faturachman di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan Bank Indonesia (BI) berkomitmen dan saling bersinergi bersama perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat khususnya untuk penukaran uang. Dan BI Babel menyiapkan pecahan uang baru sebanyak Rp 1,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Idul Fitri 1444H.

BI juga menjamin peredaran pecahan uang baru di periode bulan suci ramadhan dan Idul Fitri 1444H dalam kondisi layak edar, aman dan tercukupi. Dan selama bulan ramadhan, BI Babel membuka loket penukaran uang pecahan baru di 32 titik yang  dimulai tanggal 10-13 April mendatang dengan melibatkan teller dari masing-masing perbankan. Setiap loket akan diberikan spanduk atau plang penukaran. 

"Kami juga menyiapkan kas keliling khusus dalam kota Pangkalpinang. Besok tim kami akan melakukan kas keliling di dua tempat sekaligus yang diawali di pasar modern Koba, Pulau Lepar Pongok dan Pasar Toboali," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023