Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyalurkan paket santunan kepada 1.200 mustahik di empat kecamatan di daerah itu.

"Paket santunan senilai Rp350 ribu per paket itu disalurkan kepada mustahik atau orang yang berhak menerima zakat guna membantu meringankan beban kebutuhan mereka pada bulan Ramadhan 1444 Hijriah," kata Ketua Baznas Kabupaten Bangka M Nasir Hasan di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, paket santunan tersebut disalurkan kepada 1.200 mustahik di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sungailiat, Belinyu, Riau Silip, dan Bakam pada 10 April 2023.

"Orang yang berhak mendapat santunan atau mustahik terdiri atas delapan golongan yakni fakir, miskin, amil, mualaf, hamba sahaya, orang yang berutang untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa, fisabilillah, dan ibnu sabil atau orang yang kehabisan biaya dalam perjalanan ketaatan kepada Allah SWT," katanya.

Ia mengemukakan, sebanyak 1.200 mustahik itu sudah terdata di Baznas Kabupaten Bangka sehingga dalam penyaluran paket santunan benar-benar tepat sasaran.

Menurut dia, teknis penyaluran langsung ke wilayah kecamatan masing-masing, kecuali mustahik di Kecamatan Sungailiat yang direncanakan disalurkan di rumah dinas bupati dengan jumlah orang yang hadir dibatasi.

"Penyaluran santunan di Kecamatan Sungailiat terpaksa dibatasi, hanya sekitar 50 mustahik yang hadir, dan sekaligus pembagian bonus dari Dinas Lingkungan Hidup Bangka," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023