Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2023 menyediakan dana hibah bersumber dari anggaran pendapatan daerah sebesar Rp9 miliar lebih.

Kabag Kesra Setda Bangka Budi Hamzah di Sungailiat, Rabu mengatakan, dana hibah sebesar Rp9 miliar lebih tersebut akan disalurkan kepada 42 lembaga masyarakat yang dianggap memenuhi syarat seperti yayasan, rumah ibadah, organisasi serta lembaga yang lain.

"Dana hibah yang disediakan sudah dalam tahap kelengkapan proposal atau rencana kegiatan pencairan dimana sebelumnya sudah dilakukan sosialisasi bagi calon penerima bantuan dana hibah," jelas dia.

Pemberian bantuan hibah ini terdiri dari dua bagian, yakni secara tunai diberikan kepada yayasan dan lembaga dan juga non tunai berupa bantuan hibah barang, seperti lahan, bantuan pendidikan dan sebagainya.

Anggaran bantuan hibah tahun 2023 mulai berangsur normal dan diakomodir kembali setelah sebelumnya ada recofusing anggaran, sehingga bantuan hibah dapat diterima masyarakat sesuai dengan proposal dan kemampuan daerah.

Realisasi bantuan hibah diharapkan dapat tepat sasaran dan tepat waktu, sehingga penerima bantuan hibah dapat membuat laporan pertanggungjawaban sesuai dengan perencanaan awal dan tepat waktu dalam pelaporan tahun 2023 ini anggaran bantuan hibah meningkat.

"Jumlah penerimanya juga bertambah dan proposal diajukan paling lambat bulan Juni 2023. Setelah itu mengajukan proposal pencairan yang bantuannya telah disetujui," kata dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023