Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyatakan pada Kamis (6/4) enam dari tujuh kabupaten/kota di provinsi itu tidak mengalami penambahan kasus orang terpapar virus corona dan pasien COVID-19 aktif ada16 orang.

"Hari ini penambahan satu kasus orang terpapar virus corona hanya di Kabupaten Bangka Tengah," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan enam kabupaten/kota tanpa penambahan kasus orang terpapar COVID-19 yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, sementara Bangka Tengah bertambah satu kasus orang terpapar virus tersebut.

"Saat ini pasien sembuh juga bertambah satu dan meninggal akibat COVID-19 nihil, sehingga pasien COVID-19 aktif tersisa 16 orang," katanya.

Ia menyatakan 16 orang pasien COVID-19 yang masih menjalani karantina tersebar di Kabupaten Bangka Tengah (7), Bangka (6), Bangka Barat, Bangka Selatan dan Belitung masing-masing satu pasien.

"Saat ini hanya Kota Pangkalpinang dan Belitung Timur yang tidak ada pasien COVID-19, sehingga kabupaten tersebut sudah dapat dikatanya zona hijau COVID-19," katanya.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinkes Kepulauan Babel Rais Haru mengatakan pelayanan vaksinasi booster di pusat layanan kesehatan, guna meningkatkan ketahanan tubuh masyarakat dari virus ini.

"Sosialisasi dan pelayanan vaksinasi di rumah sakit, puskesmas, dan klinik, terus digencarkan, sebagai upaya penting untuk meningkatkan titer antibodi dan memperpanjang perlindungan tubuh masyarakat dari virus ini,” katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023