Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung (Polda Babel) menyiapkan buffer zone, untuk mengatasi kemacetan lalu lintas kendaraan mudik Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah.

"Informasi tambahan dari Kapolres akan ditambah bufferzone untuk menampung kendaraan yang terlalu padat saat mudik," kata Wakapolda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Brigjen Pol Sugeng Suprijanto di Pangkalpinang, Kamis. 

Ia mengatakan pembentukan buffer zone ini difokuskan di titik-titik kemacetan seperti di Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka Barat, Bandara Depati Air Pangkalpinang dan daerah rawan kemacetan lainnya.

"Ketika terjadi kemacetan kendaraan, maka akan diarahkan ke buffer zone sehingga di jalan tidak terlalu menumpuk yang menyebabkan kemacetan," katanya.

Menurut dia berdasarkan evaluasi arus mudik tahun lalu yang menjadi sorotan dalam pengamanan Idul Fitri 2023 di Babel yakni kemacetan kendaraan mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka Barat. 

"Untuk wilayah Babel, simpul kemacetan ada di Pelabuhan Tanjung Kalian, dimana terjadi kemacetan lalu lintas hingga dua kilometer lebih," katanya. 

Oleh karena itu kehadiran buffer zone diharapkan bisa membantu untuk mengurai kemacetan dan membantu kelancaran perjalanan mudik.

"Kami berharap dengan adanya buffer zone ini, dapat mengurangi kemacetan lalu lintas khususnya di kawasan Pelabuhan Tanjung Kalian nanti," katanya.  

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023