Kepolisian Sektor Pengawasan Pelabuhan Pangkalbalam terus meningkatkan keamanan di kawasan pelabuhan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang datang maupun berangkat melalui pelabuhan itu.

Kapolsekwas Pelabuhan Pangkalbalam, AKP Ayu Tri Utami, Sabtu, mengatakan peningkatan keamanan di sekitar kawasan Pelabuhan Pangkalbalam sudah dilaksanakan sejak 7 April dan berakhir pada 8 Mei 2023 dengan menerjunkan sebanyak lima personel.

"Sejauh ini untuk kegiatan pengangkutan baik itu barang maupun penumpang masih aman dan berjalan lancar," ujarnya.

Selain menjaga keamanan, pihaknya bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait juga menjaga keteraturan, kerapian dan segala bentuk aktivitas masyarakat khususnya penumpang yang melaksanakan kegiatan mudik di pelabuhan tersebut.

"Jadi kami mengatur sedemikian rupa mulai dari kedatangan, penempatan kantong-kantong parkir, termasuk mengatur barang-barang kargo yang akan diletakkan di kapal," katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan sosialisasi kepada penumpang sekaligus memberikan takjil dan sembako kepada masyarakat di sekitar Pelabuhan Pangkalbalam.

Pihaknya juga mengimbau kepada seluruh penumpang untuk selalu mawas diri terhadap semua bentuk kejadian kriminalitas yang bisa dialami oleh siapapun seperti kecopetan, aksi hipnotis dan lain-lain.

"Kami juga selalu menghimbau kepada seluruh penumpang terutama pemudik dengan menggunakan kapal laut agar selalu menjaga kesehatan, menyiapkan obat-obatan pribadi, menyiapkan makanan cepat saji yang awet, memeriksa tiket untuk melihat jadwal keberangkatan, tidak menggunakan barang-barang yang mencolok yang memicu orang lain untuk melakukan tindak kriminalitas," ujarnya.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023