Kepolisian Sektor Pengawasan Pelabuhan Pangkalbalam, Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berupaya meningkatkan pengamanan kawasan pelabuhan guna memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang datang maupun berangkat melalui pelabuhan itu.

Kapolsekwas Pelabuhan Pangkalbalam AKP Ayu Tri Utami di Pangkalpinang, Sabtu, mengatakan peningkatan pengawasan keamanan kawasan Pelabuhan Pangkalbalam sudah dilaksanakan sejak 7 April dan berakhir pada 8 Mei 2023.

"Setiap hari kita tugaskan lima orang personel untuk melakukan pengawasan. Sejauh ini kegiatan pengangkutan, baik barang maupun penumpang, masih relatif aman dan lancar," kata Ayu Tri Utami.

Selain menjaga keamanan, pihaknya bekerja sama dengan pemangku kepentingan terkait juga menjaga keteraturan, kerapian dan segala bentuk aktivitas masyarakat, khususnya penumpang yang melaksanakan kegiatan mudik di pelabuhan tersebut.

"Jadi kami ikut mengatur sedemikian rupa, mulai dari kedatangan, penempatan kantong-kantong parkir, termasuk mengatur barang-barang kargo yang akan diletakkan di kapal," katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh penumpang untuk selalu waspada untuk menghindari kemungkinan terjadinya tindak kriminal yang bisa dialami siapa saja, seperti kecopetan, aksi hipnotis, pencurian dan lainnya.

"Kami juga selalu mengimbau kepada seluruh penumpang terutama pemudik dengan menggunakan kapal laut agar selalu menjaga kesehatan, menyiapkan obat-obatan pribadi, menyiapkan makanan cepat saji yang awet, memeriksa tiket untuk melihat jadwal keberangkatan, tidak menggunakan barang-barang yang mencolok yang memicu orang lain untuk melakukan tindak kriminal," katanya.

Hingga saat ini, pihaknya belum menerima laporan maupun keluhan calon penumpang kapal dan diharapkan hingga selesai pelayanan mudik dan balik lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah semuanya tetap berjalan dengan aman, nyaman dan lancar.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Try Mustika

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023