Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispernak) Kabupaten Bangka Provinsi Bangka Belitung akan menyalurkan 800 ribu bibit stek ubi Cassesa kepada para petani di daerah itu.

"Tahun ini kita akan kembali menyebarkan 800 ribu bibit stek ubi cassesa untuk para petani di empat kecamatan wilayah Kabupaten Bangka," kata Kepala Dispernak Kabupaten Bangka, Kemas Arfani di Sungailiat, Kamis.

Ia mengatakan keempat kecamatan yang akan dibagikan bibit tersebut yakni Kecamatan Sungailiat, Merawang, Pemali dan Belinyu.

"Bibit segera akan kita salurkan, namun kami masih menunggu proposal permintaan dari para petani di empat kecamatan tersebut," katanya.

Ia menambahkan pada tahun 2015 juga telah disalurkan bibit ubi dengan jumlah yang sama untuk untuk Kecamatan Mendobarat, Puding Besar, Bakam dan Riau Silip.

Sementara itu, Kepala Badan Ketahan Pangan dan Penyuluhan (BP3K) Kabupaten Bangka Thony Marza mengatakan sebagai wadah bernaungnya para penyuluh, BP3K selalu siap mendukung program-program SKPD di lingkungan Pemkab Bangka yang terkait dengan pertanian perikanan dan kehutanan.

"Para penyuluh pelaksana lapangan kita di setiap kecamatan siap mendukung program Pemkab Bangka dalam usaha menggalakkan penanaman ubi Casesa ini," katanya
   
Ia mengatakan penyuluh pertanian lapangan (PPL) di setiap kecamatan secara berkelanjutan telah melaksanakan berbagai kegiatan penyuluhan terkait penggalakan penanaman ubi cassesa.

"Selain penyuluhan, kami juga telah mempraktekkan pengolahan ubi casesa menjadi beras aruk dan alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan," katanya.

Menurut dia, meski ubi Casesa itu memiliki kandungan asam sianida (HCn) tinggi, tetapi pada dengan pengolahan melalui proses dengan perendaman, hasilnya dapat dikonsumsi dengan aman.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016