Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menerjunkan 105 petugas kebersihan guna menangani sampah di daerah itu yang mengalami peningkatan selama Lebaran dibandingkan hari biasa.

"Kami menerjunkan 105 petugas kebersihan karena terjadi peningkatan volume sampah pada masa Lebaran hingga 50 persen atau kurang lebih 90 ton dibanding hari biasa yang hanya tercatat 60 ton per hari," kata Kepala DLH Kabupaten Bangka Ismir Rahmaddinianto melalui keterangan di Sungailiat, Selasa.

Guna mengoptimalkan penanganan sampah, kata dia, 105 petugas dibagi di dua kecamatan, yakni Sungailiat dan Belinyu. Mereka dilengkapi delapan armada dum truk serta tiga amrol atau kontainer truk sampah.

Peningkatan volume sampah hingga mencapai kurang lebih 50 persen berdasarkan dari pergerakan dan rotasi yang dilakukan petugas kebersihan di lapangan.

Sejak H-1 Lebaran, petugas kebersihan sudah dipersiapkan melakukan penyisiran, baik di bak sampah maupun kontainer serta beberapa tempat penampungan sementara (TPS) liar.

Petugas hanya diberikan kesempatan libur pada hari H Lebaran, selanjutnya sudah kembali beraktivitas mengambil sampah untuk dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA).

"Petugas melakukan pembersihan sampai malam, tapi terkendala kondisi akses ke TPA yang gelap dengan medan perjalanan sehingga menghambat waktu tempuh yang mencapai sekitar setengah jam," kata dia.

Dia meminta masyarakat membuang sampah di tempat yang sudah disediakan guna mempermudah petugas kebersihan mengambilnya untuk dibawa ke TPA.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023