Ketua Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Darusman Aswan menyatakan iklim ketenagakerjaan di Kepulauan Babel kondusif, sehingga mempercepat terwujudnya pelindungan terhadap hak pekerja dan kelangsungan usaha.

"Peringatan Hari Buruh Internasional tahun ini dilakukan secara berbeda untuk menjaga iklim ketenagakerjaan yang kondusif," kata Darusman Aswan saat menghadiri acara May Day 2023 di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan peringatan May Day tahun ini dipusatkan di Kota Pangkalpinang diikuti ratusan buruh se-Kepulauan Babel dan dilaksanakan secara berbeda untuk menjaga iklim Babel yang cukup kondusif. 

Dalam memperingati Hari Buruh di Bangka Belitung yang juga buruh seluruh dunia dimeriahkan dengan menggelar senam pagi bersama, pembukaan cara hiburan dan Orasi Pengurus DPD I KSPSI Babel, dan pembagian door prize. 

"Kita butuh yang berbeda, biasanya buruh mendatangi kantor DPRD atau semacam demonstrasi, namun tahun ini kita lakukan secara aturan dan prosedural tidak secara liar," katanya. 

Ia mengharapkan di momentum buruh ini animo buruh untuk bergabung dengan serikat pekerja akan semakin meningkat. 

"Kita tahu sampai hari ini animo buruh untuk bergabung serikat pekerja sangat kecil, tapi buruh sendiri terdzoolimi tidak ada yang mewadahi, oleh karena itu di momen ini mereka bisa terketuk hatinya bersama-sama lebih kuat dan masif agar pemerintah juga memikirkan," katanya. 

Menurut dia  jika hanya sebagian kecil yang bergabung, pemerintah akan menganggap itu bukan skala prioritas. 

"Oleh karena itu saya mengajak buruh yang belum sempat bergabung di serikat pekerja sekiranya bisa bergabung untuk menguatkan perjuangan buruh kedepan, karena tanpa perjuangan yang masif perjuangan kita akan sia-sia," katanya.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023