Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan berbagai persiapan untuk menyambut pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Babel yang akan digelar pada Agustus.

"Untuk memeriahkan kegiatan sekaligus sosialisasi, kami akan menggelar kirab obor sebagai tanda dimulainya rangkaian Porprov Babel 2023," kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat Rukiman di Mentok, Minggu.

Menurut dia, kirab obor sebagai penanda dimulainya Porprov melibatkan banyak dinas dan instansi di lingkungan pemerintah daerah sehingga membutuhkan kerja sama, koordinasi, dan kolaborasi agar kegiatan tersebut berjalan lancar.

"Kami sudah menggelar beberapa kali rapat koordinasi untuk mematangkan persiapan, masing-masing kegiatan mulai dari awal hingga akhir akan kami buatkan daftar agar lebih jelas," katanya.

Bangka Barat sebagai tuan rumah telah merencanakan untuk membawa obor tersebut berkeliling ke setiap kecamatan dan desa di wilayah tersebut sebelum finis di stadion yang akan menjadi tempat upacara pembukaan Porprov Babel 2023.

Api obor untuk kirab akan dinyalakan di Dusun Juruh, Desa Dendang, selanjutnya dibawa ke Desa Bentengkota, Kecamatan Tempilang.

"Skenario dibuat sedemikian rupa yaitu dari tempat bersejarah. Nilai sejarah ini yang akan kami bawa sebagai salah satu semangat agar masyarakat bisa bersama-sama merasakan dan ikut ambil bagian dalam Proprov Babel," katanya.

Untuk menyukseskan kegiatan itu, setiap kecamatan diminta menyiapkan 50 orang untuk menjadi anggota kirab api obor dari satu titik ke titik lainnya.

Pihak kecamatan juga diharapkan dapat memberikan rute perjalanan rombongan kirab api obor.

"Kami targetkan rute di seluruh kecamatan sudah jelas dan detail untuk disepakati akhir bulan ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bangka Barat Arwendy mengatakan telah melibatkan beberapa pegawai untuk melakukan persiapan promosi Porprov Babel VI.

"Masing-masing sekolah akan kami arahkan untuk memasang spanduk Porprov. Sekolah juga kami libatkan untuk mencetak spanduk yang sudah kami desain agar sosialisasi lebih maksimal," katanya.

Begitu juga dengan sosialisasi maskot dan lagu jingle Porprov Babel akan terus disosialisasikan agar kegiatan semakin menarik dan semakin banyak warga yang terlibat atau menyaksikan pesta olahraga tingkat provinsi itu.

Sebelumnya, Bupati Bangka Barat Sukirman telah melakukan peninjauan langsung pembangunan stadion dan gedung olahraga yang akan menjadi tempat utama Porprov yang berada di Pal9 Mentok.

Dalam kunjungannya, Bupati Sukirman didampingi Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bangka Barat Novianto bertemu langsung dengan beberapa perwakilan pengembang yang bertanggung jawab dalam pembangunan tempat tersebut.

"Pembangunan gedung olahraga sudah mencapai sekitar 60 persen, sedangkan stadion 70 persen. Kami targetkan awal Juli sudah selesai seluruhnya," kata Sukirman.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023