Muntok (Antara Babel) - Pejabat Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan soal ujian nasioanl (UN) SMA dan sederajat akan didistribusikan langsung ke koordinator wilayah di tingkat kecamatan.

"Demi keamanan dokumen, soal yang didistribusikan Disdik Provinsi Babel hari ini, langsung kami distribsikan ke koordinator wilayah (korwil) di seluruh kecamatan," kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangka Barat, Rukiman di Muntok, Kamis.

Ia mengatakan, pihaknya sudah melakukan kerja sama dengan Polres Bangka Barat dalam upaya pengamanan soal UN, baik dalam pengawalan distribusi maupun penitipan dokumen penting tersebut.

"Saat didistribusikan ke korwil, soal tersebut langsung dititipkan ke Mapolsek yang ada di kecamatan setempat agar terjaga keamanannya," kata dia.

Menurut dia, dengan adanya kerja sama bersama pihak Kepolisian setempat, pihaknya menjamin tidak akan ada kebocoran soal ke pihak yang tidak bertanggung jawab.

Terkait dengan persiapan seluruh sekolah yang akan menggelar UN manual dan berbasis komputer, ia mengatakan, hingga saat ini persiapan sudah mencapai 100 persen.

"Untuk ujian manual sering dilakukan sehingga panitia sudah menguasai tugas masing-masing, sedangkan untuk ujian berbasis komputer (UNBK) akan diselenggarakan di dua sekolah, yaitu SMA N I Muntok dan SMK N I Muntok," kata dia.

Ia mengatakan, sudah beberapa kali melakukan uji coba terhadap perangkat komputer dan jaringan yang ada di dua lokasi tersebut dan sejauh ini tidak ada permasalahan yang bisa mengganggu jalannya ujian.

"Kami berharap tidak ada gangguan teknis dan semua berjalan lancar seperti yang diharapkan sehingga tidak mengganggu konsentrasi peserta dalam mengerjakan soal-soal ujian," kata dia.

UN SMA/SMK/MA di KAbupaten Bangka Barat akan diikuti sebanyak 1.743 siswa, terdiri dari 980 siswa SMA/MA dan 763 siswa SMK yang tersebar di seluruh enam kecamatan di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016