Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan kegiatan sambang warga pesisir guna mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja di wilayah perairan di daerah itu.

"Kegiatan sosialisasi dan edukasi langsung kepada warga pesisir, khususnya para nelayan ini dilakukan untuk pencegahan kecelakaan kerja karena sampai saat ini cuaca di wilayah perairan di daerah ini masih sering berubah secara mendadak," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Rabu.

Ia mengatakan kegiatan sambang warga pesisir terus dilakukan secara berkala dan menjadi agenda rutin para personel Satpolair dalam melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Baca juga: Polairud Bangka Barat imbau pengunjung pantai waspada saat berenang

Pada kesempatan bertemu dengan warga tersebut tidak hanya memberikan imbauan, namun juga dimanfaatkan para personel untuk menguatkan hubungan baik dan silaturahim yang bermanfaat untuk memudahkan upaya bersama dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pesisir dan perairan di daerah itu.

"Dua hari terakhir kami laksanakan kegiatan sambang warga ini, yang pertama di pesisir Tanjung Mentok, bertemu para anggota Kelompok Nelayan KUB Camar Laut Mentok dilanjutkan dengan warga pesisir di Desa Belolaut," katanya.

Dalam kegiatan bersama KUB Camar Laut tersebut, personel Satpolair memberikan imbauan kepada para nelayan agar selalu waspada dan berhati-hati saat akan melaut, mengingat cuaca pada malam hari yang sering kurang bersahabat untuk melakukan aktivitas di laut.

"Kami juga salurkan bantuan jaket pelampung kepada nelayan untuk digunakan saat melaut," ujarnya.

Baca juga: Satpolair Bangka Barat gelar bakti sosial donor darah

Kegiatan ini bertujuan untuk memantau situasi kamtibmas di wilayah pesisir, menjalin silaturahim dan koordinasi antara personel dengan kelompok nelayan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, terutama kelompok nelayan, dalam menjaga keselamatan saat beraktivitas di laut.

"Begitu juga saat bertemu nelayan di Desa Belolaut, kita ingin mengajak warga pesisir untuk selalu aktif memberikan informasi perkembangan situasi kamtibmas, baik di wilayah pesisir maupun perairan setempat," katanya.

Kehadiran polisi di tengah masyarakat ini juga bermanfaat untuk memberikan rasa aman dan nyaman sehingga warga bisa beraktivitas dengan tenang.

Baca juga: Dit Polairud Polda Babel tangkap tiga pelaku tambang ilegal di Kawasan Hutan Konservasi

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023