Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) COVID-19 Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Boy Yandra menyatakan kasus COVID-19 masih ditemukan di daerah itu yaitu mencapai tujuh orang.

"Tujuh orang warga yang terkonfirmasi positif COVID-19 tersebut berdasarkan hasil uji laboratorium yang diketahui tersebar di empat wilayah kecamatan," kata Boy Yandra dalam keterangan, Rabu.

Keempat wilayah kecamatan yang masih ditemukan kasus COVID-19, berdasarkan data informasi perkembangan virus corona Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka yakni, di Kecamatan Sungailiat, Mendo Barat dan Kecamatan Riau Silip masing-masing sebanyak dua orang serta di Kecamatan Pemali hanya satu orang warga positif COVID-19.

Sedangkan empat kecamatan lain seperti di Kecamatan Belinyu, Merawang, Puding Besar dan wilayah Kecamatan Bakam tidak ditemukan warga yang terkonfirmasi varian virus corona.

Sejak ditemukan virus Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2) selama tiga tahun, tercatat total warga di Kabupaten Bangka terinfeksi virus tersebut mencapai 12.341 orang, 11.919 orang sembuh dari paparan COVID-19 dan sebanyak 416 orang warga dinyatakan meninggal dunia.

Kasus COVID-19, terbanyak di Kecamatan Sungailiat mencapai 5.082 orang, 4.939 orang sembuh dan 141 meninggal dunia serta dua orang warga masih menjalani perawatan kesehatan.

Sedangkan kasus terendah di Kecamatan Bakam hanya 205 orang, 195 sembuh serta 10 orang warga meninggal dunia terpapar virus corona.

Boy Yandra memastikan sampai saat ini tidak ditemukan kasus sub varian Arcturus atau XBB 1.16 di Kabupaten Bangka meskipun kasus virus itu sudah ditemukan di Indonesia.

Gejala subvarian Arcturus atau XBB 1.16 ditandai dengan demam dan rasa menggigil, diare, pilek dengan hidung tersumbat, nyeri otot, batuk berkelanjutan, sakit tenggorokan dan mata merah.

"Saya mengingatkan warga segera ke dokter atau rumah sakit terdekat jika mengalami gangguan kesehatan atau mengalami gejala seperti tanda tersebut," jelas dia.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023