Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mematangkan persiapan teknis pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI yang rencananya digelar Agustus.

"Waktu untuk persiapan tinggal dua bulan lagi. Kami bersama organisasi perangkat daerah dan instansi terkait yang ditunjuk sebagai tuan rumah semakin intens melakukan persiapan agar pelaksanaan Porprov VI Babel bisa berjalan sukses, baik dalam pelaksanaan, prestasi maupun kebermanfaatannya bagi masyarakat," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa.

Ia mengatakan persiapan dilakukan sesuai dengan pesan Bupati Sukirman yang menginginkan perhelatan olahraga tersebut berjalan dengan bersih, aman, sukses, dan sesuai aturan yang berlaku.

"Kami berupaya menuju ke arah sana dan kami juga melakukan pembahasan ulang karena Dandim 0431/BB Letkol Inf Deri Indrawan yang sebelumnya ditunjuk sebagai Ketua PB Porprov dipindahtugaskan ke daerah lain," katanya.

Dengan perubahan tersebut, Pemkab Bangka Barat pun melakukan pembahasan ulang terkait berbagai persiapan yang dilakukan.

Menurut dia, secara teknis persiapan sudah dilakukan dengan baik. Ia pun berharap hajatan besar tersebut benar-benar bisa memiliki makna dan mampu mengangkat nama baik Kabupaten Bangka Barat selaku tuan rumah.

"Kami akan berupaya menjaga nama baik dan mengangkat citra Bangka Barat sebagai tuan rumah yang baik untuk ribuan tamu yang akan datang ke daerah ini," katanya.

Selain persiapan teknis, pemkab juga menyiapkan publikasi yang diharapkan bisa memberikan dampak terhadap peningkatan ekonomi pelaku UMKM secara berkelanjutan.

Menurut dia, ajang olahraga regional tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi pelaku UMKM lokal agar produk mereka bisa laku dan semakin dikenal sehingga usaha yang dijalankan bisa berkembang dan mandiri.

Terkait dengan pembangunan arena pertandingan, kata Bong Ming Ming, sampai saat ini pembangunan gedung olahraga sudah mencapai 60 persen dan diharapkan dalam waktu dua bulan sudah "clean and clear".

Sementara itu, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Bangka Barat Novianto mengatakan pembangunan sarana dan prasarana cabang olahraga berupa stadion dan gedung olahraga di Desa Airlimau, Mentok terus dilakukan.

"Hingga saat ini, capaian pembangunan sarana dan prasarana secara keseluruhan sudah di atas 50 persen, sedangkan untuk pengerjaan konstruksi gedung olahraga 62 persen dan stadion 76 persen," kata Novianto.

Sedangkan untuk sarana dan prasarana cabang olahraga lain, seperti basket, menembak, bola voli, dan lainnya masih dalam tahapan proses penyelesaian.

"Sekarang kami juga sedang mengerjakan ruang ganti, toilet, dan pendukung lainnya. Jika dilihat kasat mata mungkin pengerjaan ini terlihat lambat, namun sebenarnya tidak demikian," katanya.

Ia mencontohkan proses pemasangan dinding "sport hall" yang menggunakan panel dengan bahan perpaduan plat aluminium dan bahan komposit tidak membutuhkan waktu lama.

"Saat ini tinggal pemasangan rangka, selanjutnya dipasang panel dinding, sedangkan untuk atap penutup gedung saat ini sedang dalam proses pengiriman dari Jakarta," katanya.

Ia optimistis seluruh pekerjaan dapat diselesaikan tuntas dalam sisa waktu yang tersedia.

"Mungkin dalam minggu ini bahan penutup atap dan mesin sudah ada, jadi bisa segera dikerjakan dan kami tetap optimistis dalam dua bulan ke depan selesai 100 persen," kata Novianto.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023