Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) mengatakan bangga atas inisiatif Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu, karena sedang berproses menerapkan sistem merit agar penataan manajemen ASN di Babel menjadi lebih baik dan profesional. 
 
"Kedatangan kami ke sini untuk mendukung teman-teman di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendukung Pak Gubernur meningkatkan sistem merit-nya," kata Komisioner Pokja Pengawasan Bidang Penerapan Sistem Merit Wilayah I Sri Hadiati Wara Kustriani di Pangkalpinang, Rabu. 

Ia mengatakan sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar tanpa diskriminasi. 

"Dalam diskusi singkat dengan Pj Suganda yang menceritakan bahwa dirinya memang sedang berproses menerapkan sistem merit tersebut di Babel," katanya. 

Ia menyampaikan cukup bangga karena kunci dari penataan manajemen itu orang nomor satunya (kepala daerah). 

"Nah, kalau tadi Pak Gubernur sudah punya niat, kemauan untuk memperbaiki ASN-nya, harusnya yang di bawah jadi lebih semangat. Selama ini salah satunya yang menjadi hambatan adalah kalau pimpinannya kurang mendukung. Nah, di Babel pimpinannya sudah mendukung, anak buah tinggal jalan," katanya. 

Ia menambahkan kagum karena Pj Gubernur Suganda mengatakan bahwa dirinya memiliki program menginap tiga hari di desa, yang mana ini baik untuk kemajuan suatu provinsi. 

"Kalau provinsinya aktif mendorong kabupaten/kota, maka kabupaten/kotanya bakal maju," katanya. 

Ia menyatakan bahwa dirinya yakin bahwa tidak lama lagi, apa yang diharapkan Pj Gubernur Suganda akan tercapai.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023