Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memberikan penghargaan kepada 16 orang perempuan inspiratif, sebagai bentuk apresiasi pemerintah daerah kepada perempuan yang berjasa dan prestasi dalam pembangunan.

"Pemberian penghargaan ini untuk memperingati, menghormati dan meneladani perjuangan kepahlawanan R.A Kartini," kata Kepala DP3ACSKB Provinsi Kepulauan Babel Asyraf Suryadin saat memperingati Hari Kartini di Pangkalpinang, Jum'at. 

Ia mengatakan pemberian penghargaan kepada kartini-kartini insperatif Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP3ACSKB) Provinsi Kepulauan Babel merupakan kegiatan tahunan kepada perempuan yang berprestasi di bidangnya.

Baca juga: Pj Gubernur Babel dorong ASN perempuan jadi kepala OPD

"Perempuan atau Kartini Babel ini telah berjasa dan berprestasi dari berbagai bidang itu mulai dari kesehatan, lingkungan hidup, pendidikan, sosial budaya, pertanian, guru ngaji, polwan hingga perusahaan reaponsif gender," katanya. 

Menurut dia pemberian penghargaan bukan tanpa alasan, contoh polwan memiliki potensi untuk mengangkat ataupun menindaklanjuti laporan-laporan masyarakat yang berhubungan dengan kekerasan kepada perempuan dan anak . 

"Begitu juga aspirasi kepada guru ngaji, karena kalau kita lihat dari latar belakang sejarahnya, ternyata kartini itu termasuk orang yang religi selain memiliki potensi partisipasi wanita," katanya. 

Ia mengharapkan di momen peringatan Hari Kartini ini kesetaraan antara perempuan dan laki-laki di era modern bisa semakin terwujud di semua bidang khususnya pendidikan.

"Kami terus mendorong kaum perempuan untuk terus berprestasi dan meneladani R.A Kartini dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia kaum hawa di era digital ini," katanya. 


 
 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023