Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mendorong aparatur sipil negara (ASN) menjadi kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah provinsi, agar kaum hawa dapat berperan dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah itu.

"Peringatan Hari Kartini ini menjadi momentum saling mengingatkan bahwa tidak ada perbedaan antara perempuan dan laki-laki untuk berkarir di lingkungan pemerintah provinsi ini," kata Suganda Pandapotan Pasaribu saat menghadiri peringatan Hari Kartini di Pangkalpinang, Jum'at. 

Ia mengatakan ASN perempuan menjadi kepala OPD di lingkungan Pemprov Kepulauan Babel masih sangat kurang. Hanya dua dari 44 OPD di Pemprov Kepulauan Babel yang dikepalai perempuan, selebihnya dikepalai laki-laki.

"Masih sedikit sekali yang dikepalai oleh perempuan. Nanti kita tambah lagi, lihat pada Juni ini, kalau ada pergeseran. Siap-siap untuk perempuan-perempuannya untuk masuk menggantikan ASN laki-laki ini," ujarnya.

Ia menegaskan kaum perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk berkarir, guna mendorong peran dan partisipasi kartini-kartini ini dalam pembangunan yang adil dan setara. 

"Kita akan memberikan kesempatan yang sama bahwa perempuan-pun memiliki kesempatan yang sama untuk berkarir," katanya. 

Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kepulauan Babel Maya Suganda Pasaribu mengatakan sebagai perempuan seperti kata Michael Obama kesuksesan itu bukan karena apa-apa, tapi karena dampak dan pengaruh yang kita berikan. 

"Jadi apapun pekerjaan dan posisi kita baik di kantor maupun ibu rumah tangga, bila dampak yang kita hasilkan kepada orang lain khususnya berdampak positif itu berarti sukses," katanya. 

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023