Bunda PAUD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Maya Suganda Pasaribu mengajak seluruh lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di daerah itu untuk memperhatikan tumbuh kembang anak secara menyeluruh.

"Perhatian secara menyeluruh ini akan sangat menentukan tumbuh kembang anak agar mereka ke depan menjadi generasi yang berkualitas dan berdaya saing," kata Bunda PAUD Babel Maya Suganda di Pangkalpinang, Ahad.

Ia mengatakan bentuk perhatian yang perlu diberikan kepada seluruh peserta PAUD di setiap lembaga tidak hanya pada sisi
layanan pembelajaran, tetapi juga layanan esensial lainnya, seperti pemantauan imunisasi dasar lengkap, Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemberian pembelajaran yang dapat melatih dan mengasah kemampuan motorik dan sensorik.

Hal ini disampaikan Maya Suganda usai mengunjungi empat lokasi PAUD yang berada di Sungailiat, Kabupaten Bangka, yaitu PAUD Ananda Gemilang, TK Maria Goretti, Kelompok Bermain Aisyiyah dan TK Permata Bunda.

Pada kesempatan berkunjung ke PAUD yang ada di daerah itu, Maya mengajak para bunda PAUD di tingkat kecamatan dan kelurahan serta para guru untuk bersama-sama memperhatikan kesehatan dan gizi untuk anak usia dini.

"Pemberian gizi seimbang ini bisa juga dilakukan dengan pola pemberian makanan tambahan atau makanan bergizi secara berkala," ujarnya.

Dengan begitu diharapkan kehadiran lembaga PAUD yang tersebar di seluruh desa bisa memberikan kontribusi terhadap upaya pemerintah dalam menurunkan angka stunting.

"Deteksi dini tumbuh kembang anak secara rutin bisa dilakukan dalam layanan PAUD sehingga semakin berkualitas, hal ini juga akan menjadi motivasi bagi seluruh guru di setiap satuan pendidikan yang terlibat agar semakin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan diri masing-masing," katanya.

Selain itu, pemerintah juga perlu mendukung berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan yang berfokus pada keamanan peserta didik, menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan menyenangkan, serta memiliki kualitas pengelolaan satuan seperti adanya sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) lembaga PAUD.

"Anak gampang sekali meniru, contoh ketika kita mengajarkan permainan alat musik pianika atau seruling, mereka dengan mudahnya meniru dan mengembangkan kemampuan mereka. Oleh karena itu lembaga PAUD harus memberikan pelayanan terbaik bagi anak usia dini agar anak dapat berkembang dengan utuh dan lebih baik," demikian Maya Suganda.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023