Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), guna meningkatkan gaya hidup sehat masyarakat di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Masyarakat diberikan edukasi untuk mengubah perilaku atau gaya hidup yang lebih sehat untuk mempertahankan dan meningkatkan derajat kesehatannya," kata Kepala Dinkes Provinsi Kepulauan Babel Andri Nurtito saat membuka Pembinaan Implementasi Germas di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan salah satu faktor yang menentukan kondisi kesehatan seseorang apakah baik atau bermasalah yakni perilaku atau gaya hidup seseorang itu.

"Untuk mengupayakan ini, maka kami mengadakan pembinaan implementasi Germas dengan menghadirkan tokoh-tokoh dan masyarakat kunci yakni PKK dan organisasi-organisasi terkait, " katanya.

Menurut dia tokoh kunci masyarakat ini akan menyampaikan pesan-pesan kesehatan kemasyarakat agar terjadi perubahan perilaku atau gaya hidup, gerakan atau bahkan menjadi budaya hidup sehat.

Ia menambahkan budaya hidup sehat yakni mulai dari bagaimana makan- makanan yang sehat, istirahat yang cukup, dan tidak merokok.

"Termasuk olahraga dan memeriksakan kesehatan secara rutin walaupun tidak sakit, seperti pemeriksaan laboratorium, screening, imunisasi, hingga vaksinasi menjadi gaya hidup sebelum sakit," katanya. 

Pewarta: Aprionis/Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023