POCO kembali meramaikan pasar ponsel pintar Tanah Air lewat lini terbarunya yaitu POCO F5 yang resmi dirilis pada Juni ini. Sebagai seri tertinggi flagship POCO, POCO F5 kali ini menawarkan spesifikasi, teknologi, dan fitur terbaru yang diklaim memiliki performa mumpuni di kelasnya.

Ketika unboxing, pengguna selain akan mendapati unit ponsel POCO F5, juga terdapat adapter 67W berikut kabel USB-C to USB-C, pembuka slot kartu SIM, lembaran panduan singkat penggunaan, kartu garansi, casing pelindung, dan satu yang di luar kebiasaan adalah pembatas buku bertuliskan "POCOnyaBeraksi". Kali ini, POCO memang berupaya menggali pengetahuan baru lewat kegiatan membaca dan secara perdana mereka menghadirkan bookmark atau pembatas halaman buku, serta stiker "POCOnyaBeraksi" di kotak penjualan ponsel pintar.
 
Tampilan kotak dan isi paket penjualan POCO F5. (ANTARA/Ahmad Faishal)


Baca juga: POCO F5 series resmi meluncur global

POCO mengutip data dari Organisasi Internasional Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan (UNESCO) bahwa minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, sehingga mereka menggelar kampanye untuk berani beraksi, peduli, dan meningkatkan minat membaca POCO Fans lewat kartu apresiasi dalam bentuk pembatas halaman buku.

Lewat kampanye tersebut, POCO meyakini bahwa kegiatan membaca dapat melatih otak, memberikan ketenangan, membangun kepercayaan diri, serta meningkatkan kedisiplinan penggemar jenama tersebut.

Desain dan layar

POCO F5 memang terlihat sangat tipis bila dibandingkan pendahulunya yaitu POCO F4, dengan dimensi 161,1 x 75 x 7,9mm yang terbilang sangat ramping. Bila POCO F4 memiliki bobot 195g, maka POCO F5 beratnya hanya 181g, sehingga lini ini bisa dibilang menjadi seri paling ringan dari seri F yang pernah dirilis.

Ringan dan halus dan cukup pas dalam genggaman atau ketika dimasukkan ke kantong celana. Kesan impresi awal ANTARA saat melihat tampilan POCO F5 adalah cukup elegan dan stylish berkat lekuk setiap sisi yang simetris.

Dari sektor layar, ponsel pintar ini menghadirkan screen 6,67 inci FHD+ (1080 x 2400) Flow AMOLED DotDisplay dengan refresh rate hingga 120Hz dan kecepatan respons sentuh 240Hz, alias terbilang cukup responsif. Tampilan cerah untuk pengalaman visibilitas luar ruangan lebih baik, telah ditingkatkan dari pendahulunya, dari 900 nits pada POCO F4, menjadi 1000 nits.
POCO F5 memiliki dimensi 161,1 x 75 x 7,9mm yang sangat ramping dan bobot seberat 181g. (ANTARA/Ahmad Faishal)


Didukung bezel super tipis 2,22mm dan simetris pada bagian atas dan bawah, ponsel ini mendapatkan dukungan 68 miliar true-to-life colors dan teknologi Adaptive HDR yang mampu secara otomatis menyesuaikan kecerahan sesuai kondisi pencahayaan sekitar. Lewat rasio layar terhadap bodi yang 93,4 persen, membuat pandangan ke layar terkesan lega.

Sedangkan untuk proteksi, ponsel ini terbilang cukup tangguh karena diperkuat Gorilla Glass 5 dan ketahanan IP53 yang tahan percikan air sehingga relatif aman.

Baca juga: Menilik isi dari ponsel anyar POCO X5 5G
 
Tampilan desain layar POCO F5 Black 12GB/256 GB . (ANTARA/Ahmad Faishal)

Audio

Tak cuma peningkatan desain dibanding F4, POCO F5 kembali menyematkan konektivitas lubang headphone 3.5mm yang terdapat pada bagian atas ponsel. Fitur ini memang sempat menghilang pada POCO F4, dan tentu saja akan memberikan impresi bagus untuk visual, sambungan telepon, terlebih saat memainkan game demi game favorit tanpa latensi yang biasanya muncul dari kemampuan nirkabel.

Dari sudut pandang ini, para penggemar game mungkin berharap pihak pengembang POCO akan menyematkan fitur untuk menolak panggilan telepon pada pengaturan game turbo, agar konsentrasi saat bermain game tidak serta merta buyar begitu saja.
 
Port IR Blaster, microphone, speaker, dan 3.5mm headphone pada bagian atas POCO F5. (ANTARA/Ahmad Faishal)


Meski demikian, tak perlu khawatir bagi pengguna yang kurang terbiasa dengan koneksi headphone, karena POCO F5 juga menyematkan satu set speaker stereo di bagian atas dan bawah dengan dukungan Dolby Atmos dan Dolby Vision.

Sedangkan dari sisi konektivitas jaringan, POCO F5 mampu terkoneksi di jaringan super cepat 5G. Dengan dual SIM standby (5G+5G), pengguna dapat mengaktifkan 2 SIM Card secara bersamaan, tanpa perlu menukar slot SIM Card. Ponsel ini juga masih diperkuat fitur NFC, Bluetooth 5.3, serta IR Blaster.
 
Dukungan Dolby Atmos dan Dolby Vision pada POCO F5 Black 12GB/256 GB . (ANTARA/Ahmad Faishal)

Kamera

Secara fisik, sama seperti pendahulunya di F4, pada bagian belakang POCO F5 tersemat tiga kamera yang terdiri atas kamera utama 64MP, kamera ultra wide 8MP, dan kamera makro 2MP yang dilengkapi teknologi Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS).

Teknologi stabilisasi ganda tersebut tentu saja memungkinkan pengambilan gambar yang ajek sehingga hasil tangkapan menjadi lebih jelas dan tajam, baik saat merekam video atau mengambil foto, termasuk ketika menghadapi situasi dan kondisi minim cahaya yang tertangkap kamera.
 
Tampilan kamera belakang POCO F5. (ANTARA/Ahmad Faishal)

Kamera utama 64MP memiliki ukuran sensor 1/2.0’’, f/1.79, piksel besar 1.4μm (4-in-1). Sedangkan kamera ultra-wide 8MP berukuran sensor 1/4’’, f/2.2, piksel besar 1.12μm, FOV 119°. Sementara kamera makro 2MP, menghadirkan sensor 1/5’’, f/2.4, piksel besar 1.75μm.

Hadir lewat tiga pilihan warna yaitu whiteblue, dan black, kemampuan menangkap visual POCO F5 juga diperkuat dengan asistensi AI. Memiliki tepian persegi dengan bagian belakang berkilau namun tidak mengilap, ponsel ini jadi terlihat modern dengan modul kamera yang menonjol.

Selain itu, tak perlu khawatir kamera belakang menjadi lecet saat dibaringkan di atas permukaan benda padat karena produk penjualan sudah dilengkapi dengan pelindung berbahan plastik transparan.
 
Tampilan kamera belakang POCO F5. (ANTARA/Ahmad Faishal)

Sementara pada bagian depan, terdapat kamera yang berada di bagian atas tengah layar dengan kemampuan hingga 16MP yang masih bisa diandalkan untuk swafoto.

Berbekal kemampuan kamera yang mengarah pada lini profesional, POCO F5 cukup cermat dalam mengakomodir keinginan pengguna untuk dapat tetap mengeksplorasi momentum kapan pun, di mana pun, baik dalam bentuk foto atau video.

Flagship killer

Lewat baterai yang tertanam sebesar 5000mAh dan cukup superior, POCO F5 mendukung kemampuan 67W turbo charging sehingga proses mengisi setengah (50%) dari total kapasitas daya baterai, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Sedangkan untuk pengisian daya penuh membutuhkan durasi sekitar 46 menit.
 
Kemampuan 67W turbo charging POCO F5. (ANTARA/Ahmad Faishal)
Seri tertinggi yang merupakan flagship POCO ini siap merusak pasar dengan prosesor legendaris System on Chip (SoC) pertama di dunia yaitu Snapdragon 7+ Gen 2. Lini ini meraih skor AnTuTu sebesar 969,903 alias hampir 1 juta, lewat dukungan konduktor rendah daya fabrikasi mutakhir TSMC 4nm, CPU Octa-core up to 2.91GHz dan GPU Adreno.

POCO F5 ini juga dilengkapi Low-Power Double Data Rate LPDDR5 UFS 3.1 dengan 2 pilihan memori, yaitu RAM 8GB/ROM 256GB dan RAM 12GB/ROM 256GB, serta Dynamic RAM Expansion Technology 3.0 yang mampu meningkatkan kapasitas RAM hingga 19GB. Artinya, lini ini menjadi lebih dari cukup untuk menemani pengguna selama bertahun-tahun pemakaian.

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023