Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mendukung Program Yayasan Bambu Lingkungan Lestari, dalam rangka mereklamasikan daerah bekas tambang di Negeri Serumpun Sebalai. 

“Kita mendukung program dari Yayasan Bambu Lingkungan Lestari di Bangka Belitung ini, saya ingin bekas lubang-lubang tambang di Pulau Bangka ini bisa direklamasikan kembali,” kata Pj Gubernur Suganda di Pangkalpinang, Jum'at. 

Ia mengatakan kepada pakar bambu asal LIPI yaitu Prof. Elizabeth A Widjaja untuk mereklamasikan tambang tersebut, dan berharap program ini bisa menjadi program nasional. 

Prof. Elizabeth A Widjaja menyampaikan dirinya sempat dihubungi langsung oleh Direktur Yayasan Bambu Lingkungan Lestari untuk bertemu langsung dengan Pj. Gubernur Suganda untuk menyelesaikan persoalan tersebut. 

“Saya dihubungi oleh Direktur Yayasan Bambu Lingkungan Lestari, karena Pak Pj. Gubernur punya rencana untuk reklamasi bekas tambang, jadi saya ke sini untuk bertemu. Semoga ini bisa terealisasi dengan baik. Kemudian akan kita reklamasi dengan bambu, tidak hanya bambu tapi akan di campur dengan tanaman lain,” imbuhnya. 

Ia mengungkapkan dalam waktu dekat akan bertemu dengan Dinas LHK dan akan direncanakan kembali secara keseluruhan terkait reklamasi tambang di Kep. Babel, baik secara ekonomi maupun sosial masyarakat.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023