Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan Pasaribu mengatakan perangkat daerah harus mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi, melalui transformasi organisasi birokrasi yang diikuti dengan penerapan mekanisme kerja baru.

"Sudah saatnya kita tinggalkan pola kerja lama yang hirarkis, linier, dan monoton yang telah mengakar pada birokrasi kita. Jika tidak segera berubah, kita akan tertinggal karena persaingan semakin ketat," kata Pj Gubernur Suganda di Pangkalpinang, Rabu. 

Ia mengatakan tantangan global dan pesatnya kemajuan platform digital menuntut birokrasi yang kapabel, kolaboratif, lincah, dan fleksibel.   

Ia menyampaikan bahwa reformasi birokrasi bukanlah sekedar rutinitas, apalagi beban, tetapi merupakan kebutuhan atau keharusan karena menjadi daya ungkit dan akselerator tercapainya tujuan pembangunan di Pemprov Babel. 

"Saat ini RB Babel telah memasuki tahap ketiga roadmap RB Babel periode 2023-2026. Kita ingin mewujudkan birokrasi yang dinamis, responsif, lebih lincah, serta adaptif dalam melakukan pelayanan publik," katanya. 

Ia menjelaskan secara keseluruhan, hasil antara RB Babel pada tahun 2022 mengalami sedikit  peningkatan di antaranya implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elekronik (SPBE), kualitas pelayanan publik, maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP), dan kualitas pengelolaan arsip. 

Oleh karena itu ia mengapresiasi Perangkat Daerah sebagai penanggung jawab indikator yang mengalami peningkatan ini dan membuktikan komitmen untuk terus membawa Babel menjadi lebih baik dan maju. 

Ia menegaskan agar jangan terlalu terlena dengan beberapa nilai yang meningkat, sehingga mengendorkan semangat untuk tetap berkinerja lebih baik. 

"Untuk memacu semangat kita bersama, saya akan memberikan reward dan punishment terhadap hasil dan rapor kinerja ini. Misalnya sebagai reward bagi perangkat daerah yang telah berprestasi memperoleh nilai tertinggi akan diberikan penambahan anggaran dan punishment bagi perangkat daerah yang mendapat nilai terendah, berupa pengurangan anggaran. Namun tentang hal ini harus mempunyai dasar hukum yang jelas, sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," katanya. 

Ia menambahkan agar tahun depan kegiatan ini bisa dijadwalkan di awal tahun, karena reward dan punishment kalau tidak melanggar aturan akan dilakukan di awal tahun, dan rapor ini merupakan potret yang memacu kinerja ke depan untuk lebih baik lagi. 

"Dengan melibatkan pihak eksternal sebagai tim penilai, berharap award ini bisa lebih objektif lagi ke depan," katanya. 

Sementara itu terdapat 12 pemenang dalam ajanh Perangkat Daerah Terbaik Award 2022, sesuai dengan kategori. Dan Perangkat Daerah Terbaik per Komponen penilaian Rapor Kinerja 2022 di antaranya:
1. Indeks Kepuasan Masyarakat, diraih oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) dengan nilai 8,28;
2. Inovasi Daerah, diraih oleh RSUP Kep. Babel dengan nilai 9,00;
3. Pengukuran Capaian Kinerja Tahunan, pemenangnya adalah BKPSDM Kep. Babel dengan nilai 9,00;
4. Nilai SAKIP, pemenangnya BAPPEDA Kep. Babel dengan nilai 7,46;
5. Tata Kelola Data Statistik Sektoral PD pemenangnya Dinas Koperasi dna UKM Kep. Babel dengan nilai 7,65;
6. Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pemenangnya adalah BKPSDMD Kep. Babel dengan nilai 8,00;
7. Ketepatan Waktu Input Aplikasi E-SAKIP Review (ESR), pemenangnya Dinas Pendidikan Kep. Babel dengan nilai 7,50;
8. Kehadiran Pegawai, pemenangnya adalah BKPSDMD dengan nilai 7,99;
9. Pemanfaatan Sistem Pengadaan dan Penggunaan Produk Dalam Negeri (PDN), pemenangnya adalah Badan Kesbangpol Kep. Babel dengan nilai 6,40; 
10. Kualitas Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD), pemenangnya adalah DPMPTSP Kep. Babel dengan nilai 8,00; 
11. Tingkat Implementasi Kebijakan Pengelolaan Kinerja ASN pemenangnya adalah Dinkes Kep. Babel dengan nilai 8,00;
12. Implementasi Employer Branding, pemenangnya adalah DP3ACSKB Kep. Babel dengan nilai 7,50.

Sementara Untuk Perangkat Daerah dengan Rapor Kinerja Terbaik Tahun 2022 pemenangnya yaitu
1. Peringkat I diraih oleh BKPSDMD Babel
2. Peringkat II diraih oleh Diskominfo Babel
3. Peringkat III diraih oleh Dinas Koperasi dan UKM Babel.

Pewarta: Chandrika Purnama Dewi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023