Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memastikan ketersediaan bahan pokok (Bapok) masyarakat menjelang hari raya Idul Adha 1444 Hijriyah, aman.

"Ketersediaan bahan pokok di Babel menjelang lebaran Idul Adha, InsyaAllah masih aman terkendali," kata Kepala Disperindag Babel, Tarmin saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis.

Tarmin mengatakan, selain stok beras masih tercukupi, Disperindag Babel bersama dengan Bulog, Kantor Pos, Polda maupun instansi terkait lainnya selalu mengadakan operasi pasar (OP) dengan tujuan untuk pengendalian inflasi.

Tepung, gula, beras, minyak goreng harga stabil dan stok juga cukup. Harga bahan pokok lainnya juga masih stabil meski ada kenaikan masih signifikan, seperti cabe rawit merah yang harganya naik dari Rp 65 ribu menjadi Rp 68 ribu tapi hari ini mulai turun kisaran Rp 60 ribu perkilogram.

"Harga daging juga masih dalam kategori aman," ujarnya.

Tarmin menambahkan, Disperindag Babel juga memantau stabilisasi harga dengan mengecek ketersediaan bahan pokok di pasar-pasar yang ada di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kita mengimbau kepada distributor untuk tidak mengambil kesempatan menaikkan harga bahan pokok yang terlalu tinggi," ujarnya.

Berdasarkan pantauan tim dilapangan, rincian harga Bahan pokok hari ini yakni harga ayam masih dibawah HET Rp30 ribu untuk ayam utuh, kecuali yang bersih kisaran Rp38 ribu sampai Rp40 ribu. Cabe rawit merah Rp60 ribu hingga Rp68 ribu, bawang merah Rp40 - 44 ribu, bawang putih Rp36 ribu, bawang bombai Rp34-36 ribu, ikan kembung Rp55 ribu sampai Rp60 ribu, dan 
udang Rp55 ribu.

"Tim kita setiap hari turun kelapangan untuk memantau harga-harga bahan pokok di pasar. Dan harga tersebut setiap hari bisa berubah," tutup Tarmin.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023