Dua orang Menteri Kabinet Indonesia Maju dijadwalkan akan menghadiri langsung kegiatan ASEAN Blue Economy Forum di Belitung pada, 1-4 Juli mendatang.

"Dua Menteri RI sudah siap menghadiri kegiatan pertemuan ASEAN Blue Economy Forum di Belitung," kata Bupati Belitung, Sahani Saleh usai memimpin rapat persiapan akhir ASEAN Blue Economy Forum di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, kedua menteri tersebut adalah Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas RI, Suharso Monoarfa dan Menteri Kelautan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono.

Sahani menambahkan, rencananya kegiatan pertemuan ASEAN Blue Economy Forum di Belitung juga akan dihadiri oleh mantan Presiden RI ke-5 yakni Megawati Soekarnoputri.

Namun, lanjut Bupati, terkait kehadiran mantan Presiden RI ke-5 tersebut saat ini masih dalam tahap konfirmasi.

"Kalau untuk mantan Presiden RI ke-5 memang belum pasti, karena kalau beliau datang pasti pada H-5 dan H-3 acara sudah ada Paspampres, jadi kami masih menunggu, infonya naik jet pribadi," ujarnya.

Dikatakan dia, kegiatan ASEAN Blue Economy Forum di Belitung akan berlangsung pada 1-4 Juli mendatang.

Kegiatan tersebut akan dihadiri oleh Menteri 10 negara ASEAN yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura, Thailand, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

"Kami pastikan Belitung siap menjadi lokasi pertemuan ASEAN Blue Economy Forum pada 1-4 Juli mendatang," katanya. 

Dirinya menilai, kegiatan ASEAN Blue Economy Forum ini menjadi kesempatan berharga Belitung dalam mempromosikan potensi pengembangan ekonomi biru.

"Karena Belitung masih memiliki kondisi laut dan perairan yang masih terjaga," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Bupati, nantinya para delegasi pertemuan ASEAN Blue Economy Forum diagendakan melakukan kegiatan "Hopping Island".

"Sehingga mereka bisa menyaksikan langsung bagaimana jernih dan birunya laut Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023