Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berhasil menggelar penerimaan peserta didik baru (PPDB) secara "online" untuk pelajar SD dan SMP atau sederajat.

"Secara keseluruhan proses PPDB yang digelar secara online berjalan lancar, tidak ada kendala baik jaringan maupun terkait zonasi," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bangka Selatan Yuri Siswanto di Toboali, Senin.

Pemkab Bangka Selatan menggelar PPDB secara elektronik atau online untuk tingkat SD pada Rabu (5/7) dan tingkat SMP digelar pada Jumat (7/7).

Pada hari pertama pembukaan pendaftaran secara online melalui jalur zonasi memang ada sedikit lonjakan traffic namun semua dapat diatasi dengan sempurna.

"Memang ada lonjakan trafik yang tinggi pada sistem online pada hari pertama pembukaan jalur zonasi, baik jenjang SD maupun SMP, namun secara keseluruhan, sistem online yang digunakan tetap berjalan dengan baik," ujarnya.

Pihaknya sudah melakukan persiapan dengan baik dan matang untuk menyiapkan proses PPDB ini secara kontinyu di ruangan gedung Command Center hingga antisipasi kesediaan listrik.

"Kita terus meningkatkan tindakan antisipasi, seperti menyiagakan tim IT di Gedung Command Center dan termasuk antisipasi daya listrik," katanya.

Dalam persiapan proses PPDB secara online kata dia memang ada sedikit kekhawatiran karena proses ini dibuka dan ditutup sudah ada jadwal waktu yang ditetapkan, sehingga harus sejalan dengan program pada dunia pendidikan.

"Namun semua berjalan sesuai harapan, tidak ada kendala teknis maupun non teknis," ujarnya.

Ia mengatakan, PPDB online ini untuk mewujudkan rasa keadilan dan transparan serta pemerataan terhadap penerimaan siswa.

"PPDB online ini tentu diharapkan mampu memberikan rasa keadilan dan menghilangkan sangkaan negatif dalam penerimaan siswa baru," demikian Yuri Siswanto.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023