Para peserta khitanan massal didampingi orang tua antusias mendatangi kantor Desa Bukit Layang untuk mengikuti khitanan massal dalam rangka Bulan Bakti PT Timah Tbk yang dilaksanakan di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Sabtu (15/7/2023). 

Satu persatu mereka datang, menunggu giliran dipanggil oleh petugas medis dari PT Timah Tbk di Gedung Rapat Desa Bukit Layang. Sembari menunggu giliran mereka disuguhkan dengan berbagai film kartun. Ada raut tegang dan tenang saat proses khitanan akan dimulai, juga pancaran bahagia saat mereka sudah dikhitan. 

Senyum sumringah pun muncul kala anak-anak menerima beragam bingkisan dari PT Timah Tbk usai dikhitan. 

PT Timah Tbk menggelar Bulan Bakti dengan kegiatan khitanan massal dan donor darah menyambut HUT ke-47 PT Timah Tbk pada 2 Agustus mendatang. Dalam HUT ke-47 ini PT Timah Tbk mengusung tema 'Selaras dan Kerja Keras'. 

Kehadiran Bulan Bakti PT Timah Tbk di Desa Bukit Layang turut dihadiri General Manager PT Timah Tbk, Robertus Bambang Susilo, Kepala Bidang Penambangan Aluvial I Bangka Induk  Rahendra, Kapolsek Bakam Iptu Widi Tupilia, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, Kepala Desa Bukit Layang, Surono, Perwakilan Puskesmas dan masyarakat sekitar. 

Puluhan anak dari Desa Bukit Layang dan sekitarnya ikut memanfaatkan kegiatan khitanan massal dari PT Timah Tbk.

Defran Ainur Rahman (7) warga Dusun Sidomulyo sumringah saat keluar dari ruangan khitanan massal, sepanjang proses khitanan dirinya juga terbilang tenang. Seulas senyum terukir di bibir mungilnya saat dipakaikan sarung baru dari PT Timah Tbk oleh sang ayah Suparman. 

"Senang sudah disunat karena saya mau sendiri. Sakitnya hanya sedikit. Semoga PT Timah sukses terus," katanya saat berbincang.

Siswa kelas 1 SD ini diceritakan sang ayah memang sejak pagi hari sudah bersiap untuk dikhitan. 

"Anaknya yang mau sendiri, saya juga kasih tau nanti sakit tapi cuma sedikit. Mungkin itulah yang bikin dia tenang," kata Suparman. 

Menurutnya, dengan adanya khitanan Massal dari PT Timah Tbk ini sangat membantu mereka untuk mengurangi biaya khitanan. 

"Sangat membantu sekali, pertama dari segi biaya. Karena kalau kita sendiri biayanya kan lumayan mahal. Terus dari sisi anak-anaknya mereka juga senang dapat hadiah tas, jam dan lainnya. Terima kasih kepada PT Timah Tbk sudah menyelenggarakan ini semoga setiap tahun diadakan karena sangat membantu sekali," ucapnya.

Senada Fatir (7) mengaku sangat senang sudah dikhitan. Apalagi ini merupakan keinginannya sendiri. 

"Senang sudah disunat, saya mau sendiri disunat  karena sudah besar," ucapnya. 

Orang tua Fatir, Siti Mulya sempat gugup saat menyaksikan putra akan dikhitan. Namun melihat ketenangan putranya Ia pun merasa lebih lega. 

"Saya kededep (deg-degan red) karena ini baru pertama untuk anak saya. Tapi Alhamdulillah dia tenang dan saya senang serta terbantu dengan adanya khitanan massal dari PT Timah Tbk," katanya. 

Baginya, dengan adanya khitanan gratis ditambah anak-anak mendapatkan bingkisan menjadi sebuah rezeki yang patut disyukuri.

"Alhamdulillah ini sangat membantu meringankan biaya sunatan anak. Semoga PT Timah Tbk sering mengadakan yang seperti ini," ucapnya. 

Kepala Desa Bukit Layang, Surono mengatakan warga mereka sangat antusias mengikuti khitanan massal yang digelar PT Timah Tbk ini. 

"Warga kami sangat antusias dengan khitanan massal ini. Peserta tidak hanya dari desa kami saja. Karena ini sangat membantu masyarakat apalagi dari segi biaya. Karena yang ikut juga ada dari keluarga yang kurang mampu," katanya. 

Menurutnya, PT Timah Tbk peduli dengan masyarakat di Desa mereka pasalnya tahun lalu PT Timah Tbk juga menghadirkan pelayanan kesehatan gratis melalui Mobil Sehat PT Timah Tbk di Desa mereka. 

"Terima kasih PT Timah Tbk yang telah peduli dengan masyarakat di Desa Bukit Layang, semoga di usia ke 47 tahunnya ini PT Timah Tbk semakin dekat dengan masyarakat," ucapnya. 

Sementara itu, General Manager PT Timah Tbk Robertus Bambang Susilo yang hadir dalam kegiatan ini mengatakan khitanan massal ini merupakan ungkapan rasa syukur karyawan dan manajemen PT Timah Tbk.  Sekaligus upaya perusahaan untuk terus memelihara harmonisasi dan sinergitas dengan masyarakat. 

"Bulan Bakti menjadi salah satu momentum Perusahaan untuk berbagi kebahagiaan dengan masyarakat. Dengan bertambahnya semoga PT Timah Tbk bisa dapat terus menebarkan manfaat bagi masyarakat," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023