Personel Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan edukasi kepada nelayan untuk mencegah kemungkinan terjadinya kecelakaan di laut.

"Nelayan memiliki risiko tinggi dalam menjalankan aktivitas pekerjaan di tengah laut, kami akan terus berupaya memberikan pemahaman agar mereka selalu menjaga keselamatan diri sebagai upaya pencegahan kecelakaan," kata Kepala Satuan Polair Polres Bangka Barat Iptu Sugiyanto di Mentok, Minggu.

Ia menjelaskan para personel Satpolair secara bergiliran ditugaskan untuk melakukan sambang warga di kampung-kampung nelayan dan permukiman yang berada di pesisir untuk memberikan imbauan agar para nelayan atau warga yang biasa beraktivitas di wilayah laut selalu mengutamakan keselamatan.

"Kami imbau agar mereka selalu melengkapi diri dengan alat keselamatan pada saat melaut, seperti pelampung, jaket keselamatan, radio alat komunikasi, cadangan bahan bakar, GPS dan lainnya," ujarnya.

Begitupun bagi warga yang biasa mencari nafkah di pinggir pantai disarankan untuk tetap memakai pelampung sebagai bentuk antisipasi dini.

Para personel Satpolair juga mendatangi para nelayan luar daerah yang bersandar di Pelabuhan Ikan Mentok untuk memberikan imbauan kamtibmas dan tetap menerapkan prosedur keselamatan dalam berlayar.

"Sampai sejauh ini situasi di perairan Bangka Barat cukup aman dan aktivitas di pelabuhan terpantau kondusif," katanya.

Menurut dia, pola sambang warga seperti itu akan terus dilakukan secara berkala sebagai pelaksanaan tugas Kepolisian serta memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Satpolair juga meminta warga untuk bisa bersama-sama menciptakan situasi kondusif agar bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman sehingga lebih produktif.

"Setiap hari patroli perairan di pelabuhan siang dan malam, kami juga minta warga agar selalu proaktif memberikan berbagai informasi terkait situasi terkini wilayah laut dan pesisir sebagai bentuk upaya dini pencegahan gangguan kamtibmas," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2023